Perancangan Strategi Kampanye Mencegah Kepunahan Ikan Hiu Studi Kasus Di Kota Jakarta

BRYAN DANDY SAPUTRA

Informasi Dasar

58 kali
17.04.1012
741.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Terjadi sejumlah kasus perburuan ikan hiu di wilayah perairan indonesia. Hal ini menyebabkan keberadaan populasi atau spesies ikan hiu terancam punah. Berbagai dampak buruk dihasilkan dari perburuan ikan hiu diantaranya populasi spesies ikan hiu yang terancam punah, ekosistem dilaut yang terganggu, dan kesehatan bagi tubuh. Faktor ekonomi dan Permintaan terhadap predator lautan ini menjadi salah satu penyebab tingginya angka aktivitas perburuan ikan hiu. Oleh karena itu dibutuhkan sarana untuk memberikan pemahaman tentang dampak dari perburuan ikan hiu kepada masyarakat khususnya di wilayah kota jakarta agar mereka mengurangi aktivitas pengonsumsian ikan hiu dan saling mengingatkan serta mendukung untuk bersama-sama mencegah kepunahan ikan hiu. Berdasarkan fenomena diatas dapat disimpulkan dibututuhkan sebuah perancangan media kampanye. Dimana dalam media tersebut bukan hanya sekedar menginformasikan tetapi memberikan penggambaran hal kecil dari aktivitas perburuan ikan hiu tersebut dengan menggunakan strategi komunikasi pendekatan AISAS. Perancangan media kampanye ini bertujuan untuk membuat masyarakat memahami manfaat kelangsungan hidup ikan hiu dan ikut membantu dalam mencegah kepunahan ikan hiu.

Kata Kunci: Kampanye, Ikan Hiu, Mencegah Kepunahan Terjadi sejumlah kasus perburuan ikan hiu di wilayah perairan indonesia. Hal ini menyebabkan keberadaan populasi atau spesies ikan hiu terancam punah. Berbagai dampak buruk dihasilkan dari perburuan ikan hiu diantaranya populasi spesies ikan hiu yang terancam punah, ekosistem dilaut yang terganggu, dan kesehatan bagi tubuh. Faktor ekonomi dan Permintaan terhadap predator lautan ini menjadi salah satu penyebab tingginya angka aktivitas perburuan ikan hiu. Oleh karena itu dibutuhkan sarana untuk memberikan pemahaman tentang dampak dari perburuan ikan hiu kepada masyarakat khususnya di wilayah kota jakarta agar mereka mengurangi aktivitas pengonsumsian ikan hiu dan saling mengingatkan serta mendukung untuk bersama-sama mencegah kepunahan ikan hiu. Berdasarkan fenomena diatas dapat disimpulkan dibututuhkan sebuah perancangan media kampanye. Dimana dalam media tersebut bukan hanya sekedar menginformasikan tetapi memberikan penggambaran hal kecil dari aktivitas perburuan ikan hiu tersebut dengan menggunakan strategi komunikasi pendekatan AISAS. Perancangan media kampanye ini bertujuan untuk membuat masyarakat memahami manfaat kelangsungan hidup ikan hiu dan ikut membantu dalam mencegah kepunahan ikan hiu.

Kata Kunci: Kampanye, Ikan Hiu, Mencegah Kepunahan

Subjek

ADVERTISING CAMPAIGNS
 

Katalog

Perancangan Strategi Kampanye Mencegah Kepunahan Ikan Hiu Studi Kasus Di Kota Jakarta
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRYAN DANDY SAPUTRA
Perorangan
SONSON NURUSHOLIH, GANDARA PERMANA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2017

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini