SIMULASI DAN ANALISIS STEGANOGRAFI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE SUDOKU PUZZLE ACAK DAN KODE BCH

Fressilya Caroline Tampubolon

Informasi Dasar

111100064
621.367
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Steganografi merupakan teknik menyembunyikan pesan rahasia ke dalam cover media sehingga orang lain tidak mengetahui keberadaan atau isi dari pesan tersembunyi tersebut. Pesan rahasia ini dapat berupa teks, citra, suara, maupun video. Media yang disisipi (cover) pun dapat berupa teks, citra, suara, maupun video. Ukuran cover harus lebih besar dari file atau informasi yang akan menumpanginya.
Metode steganografi dengan Sudoku puzzle merupakan salah satu teknik information hiding pada domain spasial dimana cover yang digunakan berupa citra digital dan pesan rahasia berupa teks. Pada metode ini digunakan banyak solusi Sudoku sebagai matriks referensi pada proses penyisipan dan ekstraksi. Proses penyisipan dimulai dengan mengkonversi pesan rahasia menjadi digit angka basis sembilan, kemudian memilih pasangan piksel pada citra cover yang kemudian pasangan piksel tersebut akan dipetakan pada koordinat matriks referensi Sudoku untuk mencari tempat penyisipan terbaik untuk setiap digit pesan. Pada proses ekstraksi hal serupa juga dilakukan yakni dengan menentukan pasangan piksel pada citra stego yang kemudian akan dipetakan kembali pada matriks referensi solusi Sudoku yang sama sehingga didapatkan kembali tempat penyisipan pesan dan didapatkan digit pesan yang sesuai. Menggunakan metode Sudoku Puzzle hanya akan mengubah satu intensitas piksel maksimal empat perubahan, sehingga pada citra stego tidak terjadi perubahan yang signifikan terhadap citra cover secara visual manusia. Teknik deteksi dan koreksi error BCH code digunakan untuk meminimalkan kesalahan dari data yang diterima. Pada Tugas Akhir ini dilakukan penggabungan kedua metode tersebut untuk meningkatkan kualitas dan performansi steganografi.
Dari hasil pengujian sistem, didapatkan citra stego dengan kualitas yang sangat baik diatas (PSNR ? 30 dB), dengan nilai MOS (Mean Opinion Score) sekitar 4,8 – 5 didapatkan dari 30 pengamat. Akurasi pesan terekstraksi mencapai 100% pada batas maksimal jumlah karakter pesan yaitu 3335 karakter. Sistem diuji dengan beberapa jenis gangguan yaitu noise Salt & Pepper, noise Gaussian, resize, rescale, kompresi JPEG, rotasi, dan cropping. Steganografi, Sudoku, informasi hiding, BCH code.

Subjek

IMAGE PROCESSING
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS STEGANOGRAFI CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE SUDOKU PUZZLE ACAK DAN KODE BCH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fressilya Caroline Tampubolon
Perorangan
Bambang Hidayat, Nur Andini
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini