SIMULASI DAN ANALISIS STEGANOGRAFI CITRA DIGITAL DENGAN ENKRIPSI BERDASARKAN PRINSIP KUBUS RUBIK

Sevierda Raniprima

Informasi Dasar

111100166
620
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Namun, tidak semua perkembangan berdampak positif. Salah satu contoh dampak negatif dari perkembangan teknologi yaitu penyalahgunaan informasi pada suatu data. Hal ini terjadi akibat adanya campur tangan dari pihak yang tidak memiliki hak akses terhadap data. Oleh karena itu, diperlukan pengamanan lebih terhadap data-data penting yang akan dikirimkan, misalnya dengan enkripsi serta penyisipan data ke dalam data lain.
Pada tugas akhir ini dilakukan simulasi steganograf i data berupa citra rahasia ke dalam media penyisipan ( cover ) berupa citra digital juga. Sebelum citra rahasia disisipkan, terl ebih dahulu dilakukan proses enkripsi pada citra untuk memberikan keamanan yang lebih andal . Metode enkripsi yang digunakan adalah enkripsi berdasarkan prisip kubus rubik, yakni dengan me mindah posisi piksel pada citra digital. Sedangkan steganografi mengg unakan metode LSB yang bekerja pada domain spasial. Di penerima, citra rahasia diekstraksi dari media ( cover ), kemudian didekripsi untuk mengembalikan posisi piksel pada citra ke posisi semula.
Hasil yang diperoleh yaitu citra rahasia dapat diamankan denga n baik. Citra rahasia hasil ekstraksi memiliki BER minimal 0.0491 dan nilai MOS 1 – 4 setelah diuji dengan noise Gaussian dan noise Salt & Pepper. Sedangkan citra steganografi yang dihasilkan memiliki nilai PSNR di atas 52 dB.
steganografi, en kripsi, kubus rubik, LSB, dan citra digital

Subjek

ENGINEERING
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS STEGANOGRAFI CITRA DIGITAL DENGAN ENKRIPSI BERDASARKAN PRINSIP KUBUS RUBIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sevierda Raniprima
Perorangan
Dr. Ir. Bambang Hidayat, DEA; Nur Andini, S.T., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini