STEGANALISIS CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM DAN K-NEAREST NEIGHBOR

Ronny Handoko

Informasi Dasar

111101214
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi internet yang sangat pesat membuat komunikasi dan pertukaran informasi antara pihak pengirim dan penerima menjadi lebih cepat dan mudah. Namun pengiriman data jarak jauh melalui gelombang radio maupun media lain, terutama media internet, yang digunakan masyarakat luas sangat memungkinkan pihak lain melakukan penyisipan data rahasia yang seharusnya tidak dikirimkan. Perlu disadari bahwa banyak sekali ancaman terhadap keamanan dan kerahasiaan data yang akan mengganggu kita. Jumlah penyusup (hacker) dan perusak (cracker) yang menyalahgunaan teknik steganografi ini semakin besar dalam melakukan komunikasi rahasia antar teroris atau kriminal. Untuk itu, telah dikembangkan ilmu untuk mendeteksi steganografi, yaitu steganalisis. Steganalisis merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan pesan tersembunyi yang dihasilkan dari steganografi.
Dalam tugas akhir ini telah disimulasikan mengenai steganalisis dengan jenis blind steganlysis dengan metode yang digunakan adalah Discrete Wavelet Transform dengan klasifikasi KNN ( K-Nearest Neighboor ) yang dapat mendeteksi pesan atau objek tersembunyi pada suatu data yang telah dilakukan proses steganografi. Data yang digunakan berupa citra digital dua dimensi dengan format *.bmp dan *.jpeg.
Dari hasil pengujian sistem steganalisis yang telah dibuat mampu mendeteksi keberadaan pesan rahasia dengan hasil akurasi total sebesar 92.91 %. Sistem ini juga mampu membedakan antara citra yang merupakan stego dan citra yang bukan stego
steganalisis, DWT, KNN

Subjek

DATA SECURITY
 

Katalog

STEGANALISIS CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN METODE DISCRETE WAVELET TRANSFORM DAN K-NEAREST NEIGHBOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ronny Handoko
Perorangan
Bambang Hidayat, I Nyoman Apraz Ramatryana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini