USULAN PROGRAM PEMASARAN BERDASARKAN PENGUKURAN LOYALITAS MEREK SIMCARD PT EXCELCOMINDO PRATAMA PADA KALANGAN MAHASISWA DI BANDUNG

DINA NATALYANI

Informasi Dasar

90 kali
112000030
330
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Maraknya program banting harga kartu perdana yang dimunculkan operator-operator

seluler, membuat banyak orang lebih memilih membeli kartu perdana daripada membeli voucher

isi ulang pulsa.Hal ini dapat menyebabkan tingginya tingkat churn yaitu nomor hangus yang

disebabkan oleh pelanggan yang berhenti berlangganan kartu PraBayar maupun Pascabayar.Hal ini

terlihat dari hasil penelitian Ericsson di kawasan Asia Tenggara akhir 2004 yang menyatakan

bahwa Indonesia menempati tingkat churn teratas, yaitu mencapai 26%.yang artinya, dari total 30

juta pelanggan di Indonesia hingga desember 2004 menurut data ATSI, terdapat 7,5 juta pelanggan

yang sering berganti merek SIM Card. PT Excelcomindo Pratama (XL), sebagai operator seluler

terbesar ketiga setelah Telkomsel dan Indosat, selama tahun 2004 memiliki tingkat

rata-rata sebesar 10.0% untuk jenis SIM Card prabayar dan 1,8% untuk jenis SIM Card pasca

bayar. Adanya tingkat

pelanggan yang memiliki tingkat loyalitas merek atau

Dari sekian banyak pelanggan merek SIM Card PT Excelcomindo pratama yang ada di

Bandung, mahasiswa merupakan segmen pelanggan yang rentan terhadap ancaman dan serangan

merek produk pesaing. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah karena

mahasiswa yang ada di Bandung tidak semuanya berasal dari Bandung akan tetapi bisa juga berasal

dari berbagai daerah di Indonesia, dimana tidak semua daerah tersebut merupakan cakupan wilayah

layanan PT XL, sehingga para mahasiwa tersebut rentan untuk beralih ke merek SIM Card yang

lainnya yang memiliki cakupan wilayah layanan lebih luas termasuk daerah asal mereka. Oleh

karena itu, dalam rangka membantu pihak manajemen PT Exelcomindo Pratama di Bandung untuk

mengetahui dan mengelola loyalitas merek dari para mahasiswa di Bandung yang menjadi

pelanggan SIM Cardnya maka penelitian ini dilakukan.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan

menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa di Bandung yang menggunakan merek SIM Card

PT Excelcomindo Pratama menggunakan teknik Probability Sampling, yaitu metode Simple

random Sampling, sehingga unsur dari populasi memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih.

Alat ukur yang digunakan adalah statistik deskriptif frekuensi untuk mengetahui kuantitas masingmasing

variabel yang dibutuhkan. Penelitian diawali dengan mengidentifikasi & menganilisis

perilaku dalam berkonsumsi, melakukan analisis terhadap setiap tingkatan loyalitas merek dan

diakhiri dengan merumuskan usulan program pemasaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor harga khususnya tarif SMS yang murah

merupakan faktor dominan yang menyebabkan pelanggan loyal, sedangkan faktor kualitas sinyal

yang kurang bagus menjadi penyebab dominan pelanggan tidak loyal. Selain itu diperoleh

tingkatan loyalitas merek sebagai berikut:

churn bulananchurn khususnya dalam nilai yang tinggi menyatakan bahwa terdapatbrand loyalty yang rendah.

C om m itte d B u y e r

L ik in g th e B ra n d

S a tis fie d B u y e r

H a b itu a l B u y e r

S w itc h e r

1 8 %

8 %

4 3 ,5 %

1 4 ,5 %

1 6 %

yang menunjukkan bahwa loyalitas merek dari para mahasiswa di Bandung yang menjadi

pelanggan merek SIM Card PT Excelcomindo Pratama belum begitu baik yang mana hal ini

semakin diperjelas dengan bentuk piramida loyalitas merek yang tidak semakin melebar ke atas,

sehingga pihak manajemen PT Excelcomindo Pratama yang ada di Bandung perlu melakukan

program pemasaran yang spesifik dan operasional.

-

Subjek

MARKETING CONCEPT
 

Katalog

USULAN PROGRAM PEMASARAN BERDASARKAN PENGUKURAN LOYALITAS MEREK SIMCARD PT EXCELCOMINDO PRATAMA PADA KALANGAN MAHASISWA DI BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINA NATALYANI
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini