ANALISIS KELAYAKAN MOBILE INTERACTIVE GAME SEBAGAI SALAH SATU PRODUK YANG AKAN DILUNCURKAN OLEH PT. TELKOM

BAYU ADI PRAMONO

Informasi Dasar

107 kali
112000095
700.105
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan telekomunikasi dewasa ini di Indonesia sangat pesat, terutama terlihat

pada sektor telekomunikasi bergerak. Perangkat telekomunikasi bergerak ini sekarang bukan

lagi milik penduduk kota saja, penduduk yang tinggal di pelosok desapun saat ini sudah

menikmati perangkat telekomunikasi ini. Selain karena kebutuhan juga karena kemudahan dan

harga yang ditawarkan terjangkau oleh masyarakat. Seiring perkembangan telekomunikasi

bergerak tersebut, di sisi lain industri game juga mengalami perkembangan yang pesat. Game

berkembang di masyarakat dengan keanekaragaman jenis dan fasilitas yang sangat variatif,

baik itu dalam game komputer, game PS ataupun game jaringan. Melihat dua gejala di atas

maka PT. Telekomunikasi Indonesia,tbk ( PT.Telkom ) dalam hal ini

Development Center

Interactive Game. Dengan produk ini memungkinkan pengguna perangkat telekomunikasi

bergerak yang dalam hal ini pelanggan Telkom Flexi untuk bermain game secara interactive

dan realtime dengan pengguna lainnya melalui perangkat telekomunikasinya. Mengingat

produk ini merupakan produk baru yang mengabungkan unsur telekomunikasi bergerak dan

game yang belum pernah ada di pasaran maka PT. Telkom perlu melakukan kajian terhadap

aspet – aspek tingkat kelayakan yang terkait dengan pengaplikasian produk ini yang secara

garis besar ditinjau dari 3 aspek, yaitu : aspek teknis atau teknologi, aspek pasar dan aspek

finansial. Hal itulah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian terhadap aspek pasar

dan aspek finansial pada produk ini mengingat untuk aspek teknis sudah dilakukan oleh

PT.Telkom.

Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan 2 makanisme, yaitu dengan penyebaran

kuisioner ke pelanggan Telkom Flexi dan wawancara dengan pihak PT.Telkom. Penyebaran

kuisioner kapada pelanggan Telkom Flexi dilakukan untuk penelitian aspek pasar sedangkan

wawancara dengan pihak PT.Telkom dilakukan untuk mengetahui data finansial. Penelitian

diawali dengan melakukan segmentasi dan targeting pasar yang kemudian dilanjutkan pada

perhitungan pasar potensial dan pasar tersedia dari produk ini. Dari langkah ini maka akan

terlihat seberapa besar penerimaan pasar terhadap produk ini, sehingga PT.Telkom bisa

mengetahui kapasitas layanan yang dibutuhkan oleh pasar dan perhitungan investasi teknis

yang diperlukan. Penelitian selanjutnya adalah penelitian aspek finansial, dari hasil penelitian

pasar tersebut selanjutnya dilakukan peramalan terhadap jumlah pelanggan dengan periode

tertentu sehingga dapat dihitung perkiraan pendapatan dari produk ini. Setelah itu maka

selanjutnya dilakukan kajian kelayakan investasi dengan kriteria

Unit Bisnis Reaserch danmengembangkan suatu produk atau layanan yang bertajuk MobileNet Present Value ( NPV ),

Internal Rate of Return

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk produk ini adalah

sebesar 50,1 % dan pasar tersedianya adalah 6,4 % dengan penetapan target pasar pada segmen

3 ( agak suka terrhadap game ponsel ) dan segmen 4 ( suka dengan game ponsel). Dan

berdasarkan hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka produk ini

dinyatakan sangat layak untuk direalisasikan dengan nilai NPV

( IRR ) dan Payback Period ( PBP ).Rp 3.694.390.864,- , IRR

84,005 %

Dengan melihat hasil penelitian yang telah dilakukan pada produk ini maka produk ini

dan Payback period 2,06 tahun.

layak

dilakukan mengingat pasar produk ini sangat fluktuatif.

diaplikasikan. Namun evaluasi secara berkala dengan range waktu yang pendek harus
Mobile Interactive Game, Pasar, Finansial, Kelayakan Investasi

Subjek

ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF BRAND
 

Katalog

ANALISIS KELAYAKAN MOBILE INTERACTIVE GAME SEBAGAI SALAH SATU PRODUK YANG AKAN DILUNCURKAN OLEH PT. TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAYU ADI PRAMONO
Perorangan
Sulaeman, Ir., MM.; Elfri Jufri, ST., MM.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini