Perkembangan telekomunikasi dewasa ini di Indonesia sangat pesat, terutama terlihat
pada sektor telekomunikasi bergerak. Perangkat telekomunikasi bergerak ini sekarang bukan
lagi milik penduduk kota saja, penduduk yang tinggal di pelosok desapun saat ini sudah
menikmati perangkat telekomunikasi ini. Selain karena kebutuhan juga karena kemudahan dan
harga yang ditawarkan terjangkau oleh masyarakat. Seiring perkembangan telekomunikasi
bergerak tersebut, di sisi lain industri game juga mengalami perkembangan yang pesat. Game
berkembang di masyarakat dengan keanekaragaman jenis dan fasilitas yang sangat variatif,
baik itu dalam game komputer, game PS ataupun game jaringan. Melihat dua gejala di atas
maka PT. Telekomunikasi Indonesia,tbk ( PT.Telkom ) dalam hal ini
Development Center
Interactive Game. Dengan produk ini memungkinkan pengguna perangkat telekomunikasi
bergerak yang dalam hal ini pelanggan Telkom Flexi untuk bermain game secara interactive
dan realtime dengan pengguna lainnya melalui perangkat telekomunikasinya. Mengingat
produk ini merupakan produk baru yang mengabungkan unsur telekomunikasi bergerak dan
game yang belum pernah ada di pasaran maka PT. Telkom perlu melakukan kajian terhadap
aspet – aspek tingkat kelayakan yang terkait dengan pengaplikasian produk ini yang secara
garis besar ditinjau dari 3 aspek, yaitu : aspek teknis atau teknologi, aspek pasar dan aspek
finansial. Hal itulah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian terhadap aspek pasar
dan aspek finansial pada produk ini mengingat untuk aspek teknis sudah dilakukan oleh
PT.Telkom.
Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan 2 makanisme, yaitu dengan penyebaran
kuisioner ke pelanggan Telkom Flexi dan wawancara dengan pihak PT.Telkom. Penyebaran
kuisioner kapada pelanggan Telkom Flexi dilakukan untuk penelitian aspek pasar sedangkan
wawancara dengan pihak PT.Telkom dilakukan untuk mengetahui data finansial. Penelitian
diawali dengan melakukan segmentasi dan targeting pasar yang kemudian dilanjutkan pada
perhitungan pasar potensial dan pasar tersedia dari produk ini. Dari langkah ini maka akan
terlihat seberapa besar penerimaan pasar terhadap produk ini, sehingga PT.Telkom bisa
mengetahui kapasitas layanan yang dibutuhkan oleh pasar dan perhitungan investasi teknis
yang diperlukan. Penelitian selanjutnya adalah penelitian aspek finansial, dari hasil penelitian
pasar tersebut selanjutnya dilakukan peramalan terhadap jumlah pelanggan dengan periode
tertentu sehingga dapat dihitung perkiraan pendapatan dari produk ini. Setelah itu maka
selanjutnya dilakukan kajian kelayakan investasi dengan kriteria