Analisa Pasar Indosat StarOne Sebagai Dasar Perumusan<br /> Program Pemasaran<br /> (Studi Kasus : Kota Semarang)

Devianita

Informasi Dasar

112000135
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CDMA (code division multiple access) adalah teknologi akses jamak dimana masingmasing
user menggunakan code yang unik dalam mengakses kanal yang terdapat dalam sistem.
Teknologi CDMA menyediakan kapasitas suara dan komunikasi data, memungkinkan lebih
banyak pelanggan untuk terhubungkan pada waktu bersamaan, serta memungkinkan untuk
tugas-tugas multimedia. StarOne merupakan layanan fixed wireless berbasis CDMA yang
diluncurkan oleh PT.Indosat Tbk. Agar layanan ini dapat diterima oleh pasar telekomunikasi
diperlukan strategi pemasaran yang tepat agar penetrasi produk ke dalam pasar dapat berjalan
lancar. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi yang akan mendukung
proses pengambilan keputusan dalam manajemen pemasaran, misalnya : bagaimana
karakteristik dan segmen pasar, bagaimana potensi pasar yang ada dan lain sebagainya.
Sehingga strategi pemasaran yang akan diterapkan dapat efisien dan efektif.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan kuisioner
sebagai alat pengumpulan data. Kuisioner disebarkan merata kepada semua penduduk di kota
Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistika deskriptif untuk menentukan
segmentasi pasar, menentukan pasar sasaran, positioning dan menentukan media promosi
layanan StarOne.
Hasil penelitian menyatakan bahwa segmentasi pasar yang dilakukan membentuk 4
segmen pasar, yaitu segmen siap dan mau sebesar 18,36 %, segmen siap dan tidak mau sebesar
5,31 %, segmen tidak siap dan mau sebesar 36,23 %, dan segmen tidak siap dan tidak mau
sebesar 40,1 %. Dari keempat segmen ini yang terpilih sebagai pasar sasaran adalah segmen
siap dan mau. Kemudian, positioning layanan dilakukan berdasarkan preferensi pasar terhadap
manfaat dan keunggulan layanan StarOne. Manfaat dan keunggulan yang dikemukakan di
dalam kuisioner adalah kualitas suara yang lebih jernih, flexibilitas, tarif yang lebih murah,
dapat digunakan untuk komunikasi data, adanya fitur tambahan, adanya pilihan terminal
pelanggan, adanya pilihan sistem pembayaran dan ketersediaan kecepatan dan instalasi.
Manfaat dan keunggulan yang paling banyak menjadi preferensi pasar adalah tarif yang murah,
kualitas suara yang lebih jernih, flexibilitas, dapat digunakan untuk komunikasi data dan
adanya tambahan fitur lainnya. Positioning statement dibuat dengan menggabungkan kelima
manfaat ini, yaitu “telepon untuk semua”. Pemilihan media promosi dilakukan berdasarkan
rating media elektronik, media cetak dan perilaku pasar terhadap media promosi. Media
promosi yang direkomendasikan adalah memasang iklan di koran Suara Merdeka pada kolom
berita; memasang iklan di majalah Pulsa; menampilkan iklan televisi di stasiun Indosiar, Trans
TV atau RCTI pada segmen film/sinetron, yang ditayangkan antara pukul 19:00 – 21:00;
menggunakan iklan radio di stasiun radio Gajah Mada FM, Prambors atau RCT FM, yang
diperdengarkan sesudah pukul 21:00 pada segmen pemutaran musik; dan ikut serta dalam
pekan raya dan pameran dagang ataupun melakukan promosi penjualan dengan memberikan
barang gratis serta potongan harga.
Pasar sasaran layanan StarOne untuk jangka pendek adalah pasar sasaran yang tertuju
pada segmen siap dan mau karena telah memiliki kemauan dan kesiapan terhadap layanan yang
ditawarkan oleh StarOne. Sedangkan pasar sasaran untuk jangka panjang tertuju pada segmen
siap dan tidak mau dan segmen tidak siap dan mau. -

Subjek

MARKET ANALYSIS
 

Katalog

Analisa Pasar Indosat StarOne Sebagai Dasar Perumusan
Program Pemasaran
(Studi Kasus : Kota Semarang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Devianita
Perorangan
Budhi Yogaswara, IR., MT; -
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini