customer willingness to pay
price
kelayakan tarif juga akan diukur dengan melihat kepada parameter NPV, IRR dan PBP
dimana NPV>0, IRR>MARR dan PBP yang singkat.price sensitivity meter, tarif tersebut berada dalam rentang harga yangvoice conference.
Berdasarkan
dapat diterima oleh konsumen yaitu dengan penerimaan pasar sebesar 85.5%. Dengan
NPV yang dihasilkan yaitu Rp. 2,222,029,913.02, IRR sebesar 95.36% dan tingkat
pengembalian selama 1.92 tahun.
Jika dilihat dari sasaran laba TELKOM yaitu IRR lebih besar dari 25% (MARR)
dan tingkat pengembalian investasi maksimal tiga tahun maka tarif inipun layak. Dilihat
dari faktor kompetitif, layanan ini belum memiliki layanan pesaing. Yang ada sampai saat
ini adalah produk substitusi. Hasil perbandingan antara tarif layanan substitusi dengan
tarif layanan TELKOM Conference menunjukkan bahwa belum ada yang menyamai
performansi dan tarif layanan TELKOM Conference. Oleh karenanya dapat dikatakan
bahwa usulan tarif ini cukup kompetitif untuk layanan setingkat