<p><font face="Arial">IDENTIFIKASI POTENSI PASAR LAYANAN GAME ONLINE TELKOM SPEEDY</font></p>

Murtala Muhammad

Informasi Dasar

120 kali
112000198
380
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game online

telekomunikasi yang menyediakan

jaringan dan penambahan jumlah pelanggan, padahal penggemar game online sekarang ini

sangat besar. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis bagi pengembangan layanan internet

TELKOM Speedy meskipun sudah banyak

Namun untuk bisa menikmati layanan

Dalam konteks ini, akan lebih praktis bila operator menyediakan layanan dimaksud. Dengan

demikian pelanggan bisa langsung memanfaatkan layanan yang disediakan dan membayar

dengan sistem satu

internet TELKOM

Development Center (RDC) PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (PT. Telkom) untuk

mengembangkan sebuah produk baru yang bertajuk Game Online TELKOM Speedy(GOTS).

PT TELKOM dalam usahanya untuk meluncurkan layanan baru ini yaitu layanan Game Online

TELKOM Speedy(GOTS) tentunya membutuhkan suatu langkah awal untuk menetapkan

strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi potensial

pasar untuk menentukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar.

Untuk metoda penelitian ini digunakan penelitian deskriptif. Dengan alat pengumpul

data yang digunakan adalah kuisioner yang disebarkan kepada masyarakat pengakses internet

yang gemar bermain game online. Alat ukur yang digunakan adalah Analisis K-Means Cluster

dan perhitungan Crosstab. Analisis K-Means Cluster digunakan untuk penentuan segmen,

sedangkan perhitungan Crosstab digunakan untuk melakukan analisis karateristik pasar,

perilaku pasar, tingkat keminatan, tingkat kesiapan, serta bauran pemasaran. Basis segmentasi

yang digunakan adalah minat dan siap. Basis minat berkaitan dengan jawaban-jawaban

responden pada tingkat keminatan, sedangkan basis siap berkaitan dengan jawaban responden

pada tingkat kesiapan. Kedua basis tersebut dikombinasikan sehingga menghasilkan empat

segmen yaitu segmen Minat(+) Siap(+), segmen Minat(+) Siap(

dan segmen Minat(

pasar tersedianya serta target pasar yang dianggap paling potensial. Tahapan

sekarang ini tengah menjadi tren, namun belum ada operatorcontent ini. Operator terkesan masih fokus pada perluasanwebsite yang menyediakan fitur game online.game online, pengguna harus membayar langganan.billing. Berawal dari peluang bisnis yang dapat dikembangkan dari layananSpeedy, maka tercetus sebuah ide dari Unit Bisnis Research and?), segmen Minat(?) Siap(+),?) Siap(?). Setelah itu barulah ditentukan berapa besar pasar potensial danpositioning

dilakukan dengan melihat karateristik dari layanan GOTS sendiri yang didapat dari studi

pendahuluan objek penelitian. Terakhir adalah penentuan program pemasaran pada masingmasing

komponen bauran pemasaran.

Dari hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa besarnya populasi pada segmen

Minat(+) Siap(+) adalah 38,84%, segmen Minat(+) Siap(

Siap(+) adalah 15,79%, serta segmen Minat(

diketahui bahwa data-data pada variabel karateristik pasar serta variabel perilaku pasar

mempunyai kecenderungan yang sama, dimana prosentase terbesarnya berada pada segmen

Minat(+) Siap(+) dan Minat(

menetapkan target pasarnya pada segmen Minat(+) Siap(+) dan segmen Minat(+)

Siap(

Dari analisis hasil segmentasi juga diperoleh tentang perumusan

GOTS sebagai fitur layanan internet TELKOM Speedy sebagai Alternatif solusi yang

kenyamanan untuk bermain game online dengan kecepatan akses tinggi. Berdasarkan hasil

studi pendahuluan objek penelitian, layanan GOTS berposisi sebagai layanan baru yang

berbeda dari layanan yang sudah ada, namun tidak menggantikan layanan game online saat ini

namun menawarkan suatu alternatif suatu kemudahan mengakses dan kenyamanan dalam

bermain game.

?) adalah 20,1%, segmen Minat(?)?) Siap(?) adalah 25,84%. Selain itu dapat?) Siap(?). Berdasarkan analisis dari hasil segmentasi, peneliti?).Besarnya pasar potensial adalah 150808 dan pasar tersedianya adalah 57729.positioning layanan
-

Subjek

MARKET RESEARCH
 

Katalog

IDENTIFIKASI POTENSI PASAR LAYANAN GAME ONLINE TELKOM SPEEDY

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Murtala Muhammad
Perorangan
Christanto Triwibisono, Ir., MMBAT; Andri Qiantori, Ir., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini