Programmbale Logic Controlle
sistem otomasi berbasis PLC ini tidak didukung oleh keterampilan dan kemampuan dari
sumber daya manusia yang akan mengoperasikan. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan
dalam pembelajaran PLC khususnya dalam pembelajaran pemrograman PLC. Dengan alasan
tersebut menuntut sebuah mekanisme pembelajaran pemrograman PLC yang memudahkan para
siswa dan pengajar dalam mempelajari pemrograman PLC tanpa harus dibatasi dengan
keterbatasan alat dan biaya. Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini penulis merancang suatu
perangkat lunak simulasi pembelajaran pemrograman
untuk Sekolah Menengah Kejuruan Teknik.
Dalam merancang sistem ini, ada beberapa hal yang dilakukan dalam pemecahan
masalah diatas dimana secara garis besar terbagi dalam lima tahapan, yaitu tahap studi awal,
tahap inisialisasi, tahap kreatif, tahap pengujian dan analisis rancangan, serta tahap kesimpulan
dan saran. Tahap studi awal meliputi penentuan masalah dan tujuan yang ingin dicapai, tahap
inisialisasi mulai melakukan pembelajaran studi pustaka dan studi lapangan yang selanjutnya
menganalisis sistem eksisting serta pembuatan rancangan model pada tahap kreatif. Setelah
selesai pembuatan model aplikasi maka proses selanjutnya adalah tahap pengujian dan
dilanjutkan dengan analisis sistem apakah sistem yang dibuat sudah sesuai dengan tujuan awal
atau belum serta bagaimana sistem ini untuk diimplementasikan yang pada akhirnya sampai
pada tahap kesimpulan dan saran.
Tugas akhir ini dibagi kedalam beberapa bab yaitu Bab I mengenai latar belakang,
tujuan penulisan, manfaat dari tugas akhir, dan batasan masalah. Bab II berisi tentang studi
literatur mengenai