Persaingan yang semakin ketat dalam dalam bidang telekomunikasi membuat setiap
pelaku bisnis harus jeli melihat celah dan peluang pasar untuk dapat menarik konsumen.
Berbagai fitur dan produk baru banyak diluncurkan oleh para pelaku bisnis untuk bisa
mempertahankan konsistensi perusahaan dalam menghadapi kompetisi yang cukup berat. Tidak
terkecuali dengan PT. Telekomunikasi, Tbk sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi yang
cukup diperhitungkan oleh pesaingnya.
Pada
pertumbuhan pendapatan dari SMS (
TELKOM mencoba untuk mengoptimalkan jaringan SMS yang sudah ada untuk
memaksimalkan
bidang
macam media
membuat layanan baru dan masuk sebagai
media
aktifitas broadcast SMS dalam hal ini adalah SMS
pelanggan Flexi.
Untuk itu, dalam penelitian ini penulis mengkaji apakah layanan baru yang diprediksi
oleh TELKOM sebagai salah satu peluang dalam meningkatkan pelanggan sehingga
peningkatan
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui
kuisioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen terhadap layanan yang akan
ditawarkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak sederhana
(
yang diperoleh dari TELKOM sebagai penyedia layanan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk layanan Flexi Advertiser
adalah sebesar 61.9%, yang diperoleh berdasarkan pada tingkat keminatan responden terhadap
layanan tersebut. Untuk pasar tersedia berdasarkan variabel tingkat kemampuan akses terhadap
layanan adalah 78.46 % dan pasar sasaran adalah 25%.. Kemudian untuk hasil perhitungan
menurut parameter penilaian investasi, maka layanan Flexi Advertiser ini tidak layak dengan
nilai NPV