PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PEMASARAN TELKOM FLEXI STUDI KASUS : UNIT TELKOM FLEXI DRIVE II

HEPI ARDHI RISANTI

Informasi Dasar

158 kali
112010068
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pelanggan adalah asset yang sangat bernilai bagi suatu perusahaan. Diagram pareto

80:20 yang diartikan bahwa sebesar 80% profit diperoleh dari sekitar 20%

customer

membuktikan bahwa hanya beberapa pelanggan saja yang memberikan kontribusi optimal bagi

perusahaan. Karenanya dalam pemasaran perlu diperhatikan sejauh mana customer memiliki

peran yang signifikan dalam pencapaian profit. Oleh karena itu perlu diadakan evaluasi berupa

audit terhadap program CRM yang telah berjalan serta perbaikannya dengan memanfaatkan

sistem informasi yang dapat membantu kinerja bagian marketing.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi untuk

menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam audit CRM. Wawancara ini dilakukan pada tiga divisi

dalam Telkom yaitu bagian Marketing, bagian Operasi dan Pelayanan, dan bagian Pengembangan

Sistem CRM. Penelitian diawali dengan penentuan pertanyaan audit yang diambil berdasarkan

buku Just Enough CRM. Kemudian dari bagian-bagian tersebut ditentukan beberapa karyawan

sebagai narasumber. Hasil yang diperoleh kemudian dijadikan dasar dalam membuat analisis.

Setelah analisis hasil audit, kemudian dirumuskan usulan perbaikan yang meliputi perbaikan

proses dan pebaikan tool. Usulan perbaikan ini disimulasikan dalam suatu aplikasi Relationship

Marketing pada Telkom Flexi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada bagian Marketing, masih terdapat proses

yang kurang dalam penerapan CRM, yaitu tidak teridentifikasinya pelanggan Flexi terutama Flexi

Trendy. Sedangkan pada bagian Operasi Pelayanan kekurangan terdapat pada kapabilitas tools

karena tidak dapat memuat email dari pelanggan secara otomatis. Aplikasi dirancang untuk

menutupi kelemahan sistem CRM dari segi teknis dan proses bisnis. Aplikasi ini menunjang

prinsip Relationship Marketing yang mendasarkan pada pengelolaan database dan segmentasi

pelanggan dalam penerapannya.

Dengan melihat hasil audit CRM tersebut maka dapat dimpulkan bahwa Telkom

meduduki level

baik dan aplikasi CRM yang andal sebagai perwujudan paradigmanya untuk menjadi

centric company.

average dalam penerapan CRM dengan proses bisnis yang dirumuskan dengancustomer
-

Subjek

CUSTOMER RELATIONSHIP
 

Katalog

PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PEMASARAN TELKOM FLEXI STUDI KASUS : UNIT TELKOM FLEXI DRIVE II
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HEPI ARDHI RISANTI
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini