<p><font face="Arial">IDENTIFIKASI DAN PENGUKURAN PREFERENSI CALON KONSUMEN PRODUK TELKOM SPEAK BY CLICK ( TSBC ) DI WILAYAH JAKARTA</font></p>

EKO PURWANTI

Informasi Dasar

128 kali
112010081
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi VoIP makin berkembang dengan cepat dan menjadi suatu bisnis yang

menarik untuk dicermati terutama bagi para pelaku bisnis telekomunikasi, s

yang tengah dikembangkan adalah

yang memanfaatkan jaringan VoIP Telkom sebagai jaringan transport utama yang berintegrasi dengan

jaringan-jaringan lain seperti jaringan internet publik, PSTN dan jaringan intranet perusahaan. Dari

integrasi beberapa jenis jaringan tersebut mampu dikembangkan beberapa variasi layanan turunan yang

inovatif antara lain: Corporate directory, Info center, Web Collect Call, Web Confrence dan Prepaid

Webphone. Sebagaimana layaknya produk baru yang hendak memasuki pasar, banyak hal yang harus

dikaji dan dipertimbangkan untuk menghindari kegagalan peluncuran dan penerimaan konsumen

terhadap produk

pengenalan pasar secara mendalam terhadap layanan TSBC dan karakteristiknya untuk

mengidentifikasi preferensi calon konsumen untuk merumuskan strategi pemasaran yang tepat.

Penelitian ini terlebih dahulu melakukan identifikasi pasar potensial (pasar yang mempunyai

tingkat keminatan memadai) dan pasar tersedia ( pasar yang mempunyai kemampuan daya beli dan

kemampuan akses responden terhadap layanan TSBC ). Selanjutnya dilakukan proses segmentasi

berdasarkan dasar-dasar segmentasi dengan menggunakan metode analisis hirarki kluster. Segmen hasil

proses segmentasi kemudian dianalisa untuk mementukan pasar sasaran yang sesuai dengan

karakteristik layanan TSBC. Untuk memposisikan layanan di benak konsumen pasar sasaran,

perumusan positioning statement dengan melakukan pendiferensiasian terhadap harga dan kualitas.

Penggumpulan data untuk segmentasi menggunakan metode survey melalui penyebaran

kuisioner, penyebaran dilakukan terhadap calon konsumen TSBC dengan kriteria memiliki corporate

website yang terlebih dahulu diberian arahan dan free trial selama seminggu. Dari hasil pengolahan

diperoleh pasar potensial sebesar 46 responden (92%) dengan pasar tersedia sejumlah 24 responden

(42%). Proses segmentasi menggunakan analisis kluster menghasilkan 2 segmen yaitu segmen

pengguna berat (71,4%) dan segmen pengguna ringan (28.6%). Karakteristik-karakteristik kedua

segmen tersebut digunakan sebagai acuan untuk menentukan pasar sasaran yang akan dilayani oleh PT

Telkom.

Segmen yang dipilih adalah segmen pengguna berat sebagai pasar tunggal jangka pendek

(single segment consentration) dengan pertimbangan potensi penjualan yang cukup luas yaitu sebesar

71.4% dari total pasar tersedia, memiliki akses minat dan daya beli terhadap layanan tinggi serta lebih

menyukai promosi dengan free trial untuk pengenalan produk. Statement yang digunakan untuk

memposisikan layanan kepada pasar sasaran adalah “New Cheap Conection with Click to Talk” dimana

menggambarkan layanan komunikasi baru yang mudah dengan hanya click suatu icon untuk dapat

berhubungan dengan rekan kerja sekantor, kantor cabang, rekan bisnis, perusahaan ke customer dan

customer ke perusahaan.

alah satu produkTELKOM speak by click. Suatu layanan komunikasi PC to PhoneTSBC. Oleh karena itu agar layanan ini dapat di terima oleh pasar dibutuhkan -

Subjek

MARKETING MANAGEMENT
 

Katalog

IDENTIFIKASI DAN PENGUKURAN PREFERENSI CALON KONSUMEN PRODUK TELKOM SPEAK BY CLICK ( TSBC ) DI WILAYAH JAKARTA

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EKO PURWANTI
Perorangan
Imam Haryono, Ir., MMBAT.; Faisal Baharuddin.
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini