ANALISIS KELAYAKAN LAYANAN PRABAYAR FIXEDLINE DI PT.TELKOM BANDUNG

NIA FEBRIANA

Informasi Dasar

114 kali
112010085
658.809
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkom harus senantiasa untuk memperhatikan aspek dari pelanggan sesuai dengan

misinya. Pilihan jasa dalam

mengeluh tentang rekening telepon yang tidak terkontrol, banyaknya telepon tidak aktif atau

biasa disebut telpon tidur dan terkadang adanya tunggakan rekening telepon. Tunggakan dan

telepon tidur tersebut juga merugikan pihak PT Telkom itu sendiri. Dari sisi konsumen, dalam

pelayanan

kostan, keluarga besar dan sebagainya. Dikarenakan ada pihak – pihak yang merasa dirugikan

untuk pemakaian bersama, karena pulsa tagihan telepon yang tidak terkontrol. Maka dari itu,

pihak dari Divisi Riset dan Teknologi Informasi (DivRisTI) PT Telkom melakukan terobosan

baru yaitu sistem

kajian lebih lanjut apakah dengan adanya layanan baru dapat meningkatkan pendapatan dari

pihak PT Telkom itu sendiri atau tidak. Dan dengan pengkajian seperti apa keinginan

konsumen. Kajian ini meliputi aspek pasar, teknis dan finansial.

Untuk mengkaji apakah layanan sesuai dengan keinginan konsumen, maka perlu

dilakukan survey. Hasil survey ini akan menjadi data sekunder untuk kajian yang ada. Dan dari

data sekunder ini diperoleh pasar tersedia untuk segmen residensial adalah sebesar 17.96 % dari

pasar potensial yang sebesar 82.5%. Sedangkan untuk segmen penyewaan kamar mempunyai

pasar potensial sebesar 56% dan pasar tersedianya adalah 6.80%. Untuk segmen perusahaan

mempunyai pasar potensial yaitu 47% dan mempunyai pasar tersedia yaitu 23 % dari pasar

potensial.

Dari kajian tersebut diperoleh nilai NPV (

fixedline masih sangat minim. Salah satunya konsumen terkadangfixedline untuk penggunaan bersama terkadang kurang efektif, contoh untuk di kost–prepaid fixedline yang mempunyai brand name TELKOMPAS. Maka perluNet Present Value) yaitu Rp Rp 751.785.474

Untuk PBP (

diperoleh

singkat. Maka kajian layanan ini layak untuk dijalankan.

Payback Periode) yatu sebesar 2.22 tahun, sedang BCR yaitu 2.31. Dan IRR55%. Dapat dilihat nilai NPV > 0, BCR > 1, IRR > MARR (23%) dan PBP cukup
Fixedline, Pasar, Keuangan

Subjek

SERVICE
 

Katalog

ANALISIS KELAYAKAN LAYANAN PRABAYAR FIXEDLINE DI PT.TELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NIA FEBRIANA
Perorangan
-; -
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini