PERANCANGAN PROGRAM PENGENDALIAN CHURN KARTU HALO BERDASARKAN ANALISIS CHURN DAN NILAI PELANGGAN KARTU SELULER PASKA BAYAR MELALUI PENGUKURAN INDEX KEPUASAN, INDEX LOYALITAS DAN ANALISIS SWOT(Studi Kasus PT Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah GraPAR

DIELLA FRESA

Informasi Dasar

117 kali
112010088
658.834 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berdasarkan data performansi kartuHALO Regional Sumatera Bagian Tengah tahun

2004 dan kuartil I tahun 2005, dikota Batam terjadi kenaikan jumlah pelanggan churn

kartuHALO. Untuk meningkatkan target churn, PT Telkomsel harus memahami kharakteristik

pelanggan churn, loyalitas, kepuasan dan persaingan kompetitor. Oleh karena itu, dari hasil

penelitian ini dapat dihasilkan program pengendalian churn kartuHALO yang efektif untuk

meningkatkan target churn di graPARI Pulau Batam.

Perancangan Program Pengendalian Churn ini disusun berdasarkan beberapa

pendekatan analisis yaitu analisis churn, nilai pelanggan dan SWOT. Analisis churn

kartuHALO digunakan untuk mengetahui kharakteristik, keluhan, pola perpindahan dan alasan

pelanggan churn. Analisis nilai pelanggan kartu seluler paska bayar digunakan untuk

mengetahui perbandingan variabel nilai pelanggan melalui perhitungan Customer Satisfaction

Index dan Customer Satisfaction Gap Index. Perhitungan Index Loyalitas dan Index

Attractiveness dilakukan untuk mengetahui profil loyalitas pelanggan. Selain itu dilakukan

analisa terhadap kompetitor untuk mengetahui

kartuHALO pada saat ini.

Strength, Weakness, Oppurtunity dan Treat

Dari hasil penelitian dan ketertarikan program preferensi pelanggan maka dapat

diidentifikasi karakteristik churn, persepsi pelanggan terhadap operator, segmen loyalitas

pelanggan dan keunggulan kompetitor yang akan digunakan dalam perumusan program

pengendalian churn kartuHALO meliputi program pencegahan churn (

program untuk menarik kembali pelanggan churn (

ketika pelanggan terindikasi akan churn (

Adapun program preventif yang diusulkan meliputi program peningkatan layanan yang

memiliki performansi rendah, edukasi dan sosialisasi tarif air time dan fitur tambahan, serta

program reduksi tarif. Program proaktif yang diusulkan meliputi program proaktif customer

service dalam menghadapi pelanggan yang akan churn, penawaran program alternatif dan

penawaran paket pra bayar Telkomsel (kartu AS dan Simpati). Sedangkan program reaktif yang

diusulkan yaitu program welcome back greeting, billing reminding, dan billing controling. Tiap

program yang diusulkan mempunyai subprogram untuk direalisasikan oleh manajemen PT

Telkomsel graPARI pulau Batam.

preventive program ),reaktif program) dan program pencegahanproaktif program). -

Subjek

CONSUMER SATISFACTION
 

Katalog

PERANCANGAN PROGRAM PENGENDALIAN CHURN KARTU HALO BERDASARKAN ANALISIS CHURN DAN NILAI PELANGGAN KARTU SELULER PASKA BAYAR MELALUI PENGUKURAN INDEX KEPUASAN, INDEX LOYALITAS DAN ANALISIS SWOT(Studi Kasus PT Telkomsel Regional Sumatera Bagian Tengah GraPAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIELLA FRESA
Perorangan
Budi Praptono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini