Toserba Yogya adalah salah satu supermarket terbesar dan yang banyak kita jumpai di
Bandung. Toserba Yogya menawarkan produk-produk kebutuhan masyarakat sehari-hari. Tetapi
tidak semua masyarakat Bandung berbelanja di Toserba Yogya, banyak tempat belanja lainnya
yang lebih menarik juga. Salah satu upaya Toserba Yogya untuk menarik minat masyarakat
tersebut, maka dibuatlah program promosi harga untuk produk tertentu yang dijual di Toserba
Yogya. Promosi ini dimaksudkan agar masyarakat tertarik untuk berbelanja di Toserba Yogya dan
untuk membeli produk yang didiskon tersebut. Promosi ini juga menjadi salah satu strategi untuk
mempertahankan dan menambah jumlah konsumen.
Untuk mengidentifikasi sampai sejauh mana respon konsumen Toserba Yogya terhadap
program promosi harga Toserba Yogya, maka dilakukan pengukuran efektivitas promosi dengan
menggunakan model AIDA (
pengolahan data dilakukan dengan metoda statistik deskriptif, yaitu frekuensi dan tabulasi silang
serta
Yogya. Metode ini dipilih karena dianggap metode yang paling dapat mereprosentasikan
efektivitas program promosi harga Toserba Yogya yang dilihat dari proses komunikasi berdasarkan
perilaku konsumen.
Iklan dikatakan efektif apabila dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
Tujuan periklanan sendiri mengandung misi komunikasi untuk menarik kesadaran, menanamkan
informasi, mengembangkan sikap dan mengharapkan adanya suatu tindakan pembelian. Hasil yang
diperoleh dari penelitian ini adalah program promosi harga Toserba Yogya sudah cukup efektif
yaitu sebesar 64.6%. Dapat juga dilihat dari respon konsumen Toserba Yogya terhadap promosi
yang ada berdasarkan parameter-parameter model AIDA yaitu parameter