<p><font face="Arial">BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KARYAWAN/TI DI PT POS INDONESIA BANDUNG SEBAGAI DASAR</font></p>

YUDHA ARISANTO

Informasi Dasar

129 kali
112010131
338.761
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Pos Indonesia adalah perusahaan besar yang bergerak dibidang jasa pengiriman

surat, uang, barang, dan keagenan. Untuk meningkatkan kompetensi karyawan sebagai ujung

tombak bisnis secara teknis dan administrasi, PT Pos Indonesia mengadakan pendidikan dan

pelatihan yang wajib dilakukan oleh karyawan sebagai pramutasi atau kenaikan jabatan. Selain

pengawasan terhadap aktivitas dalam proses pendidikan dan pelatihan yang belum optimal,

prosedur yang tidak sederhana menyebabkan proses pendidikan dan pelatihan memakan waktu

siklus yang tidak sedikit. Proses pengawasan aktivitas ini memiliki arti penting, karena dengan

adanya pengawasan maka proses bisnis dapat dipantau agar berjalan sesuai dengan rencana dan

memudahkan pelaksanaan proses bisnis itu sendiri.

Penelitian ini dibagi dalam 2 tahap, yaitu tahap perbaikan proses bisnis dan tahap

perancangan sistem informasi. Pada tahap awal penelitian ini dilakukan

pencatatan waktu sebagai dasar perbaikan. Selanjutnya dilakukan analisis aktivitas dengan

membagi jenis aktivitas menjadi

Selain itu digunakan juga metode

teknologi dalam penyusunan perbaikan proses bisnis. Pada tahap akhir penelitian ini dilakukan

perancangan sistem informasi untuk mendukung pelaksanaan proses bisnis.

Dari perbaikan dihasilkan penurunan aktivitas pada pelatihan1 tetapi juga dihaslikan

penambahan aktivitas baru karena pengembalian fungsi unit kerja pelaku aktivitas sehingga

pada saat perbaikan tanpa menerapkan sistem informasi (

sebanyak 60 aktivitas. Seterusnya pada perbaikan dengan menerapkan sistem informasi

terkomputerisasi (

Pada pelatihan 2, jumlah aktivitas mengalami penurunan dari 42 aktivitas menjadi 40

aktivitas untuk kondisi

aktivitas berkurang menjadi 37 aktivitas. Sementara dari segi waktu siklus, terjadi penurunan

sebesar 56.02 jam (10,77 %) untuk perbaikan tanpa penerapan sistem informasi dan sebesar

128.42 jam (24,69%) untuk perbaikan dengan penerapan sistem informasi pada pelatihan 1 dan

penurunan sebesar 71.75 jam (25,71%) untuk perbaikan tanpa penerapan sistem informasi dan

98.55 jam (35,32%) untuk perbaikan dengan penerapan sistem informasi pada pelatihan 2.

Penyusunan ulang aktivitas dan analisis yang dilakukan ternyata berhasil mengurangi

waktu siklus proses bisnis. Lebih lanjut dengan pemanfaatan sistem informasi, waktu bagi

petugas pelaku aktivitas untuk saling tukar menukar informasi dan data menjadi lebih cepat

sehingga sangat mendukung dalam pencapaian efisiensi, efektivitas, dan adaptabilitas proses

bisnis.

walkthrough danreal value-added, bussines value-added, dan non value-added.streamlining dan pertimbangan ketersediaan fasilitas sertainitial improvement) aktivitas tetapfinal improvement) aktivitas ini menurun menjadi 57 aktivitas.initial improvement. Lebih lanjut pada final improvement jumlah -

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KARYAWAN/TI DI PT POS INDONESIA BANDUNG SEBAGAI DASAR

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YUDHA ARISANTO
Perorangan
Sri Widaningrum, Christanto Triwibisono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini