<p><font face="Arial">PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN PERMINTAAN PASANG BARU AIR BERSIH DI PDAM BANDUNG MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT ( BPI )</font></p>

EMYLINE GUNAWAN

Informasi Dasar

129 kali
112010154
346.065
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PDAM merupakan perusahaan daerah air minum yang berorientasi pada

penyempurnaan pelayanan terhadap pelanggan. Untuk mendukung keberadaannya, perusahaan

harus meningkatkan kualitas layanannya. Dalam Tugas Akhir ini, penulis akan melakukan

perbaikan proses bisnis pada bagian layanan pasang baru air bersih di PDAM. Hal ini

dikarenakan tidak efektifnya proses bisnis eksisting layanan pasang baru air bersih, sehingga

memerlukan waktu yang cukup panjang dalam prosesnya.

Metode yang digunakan untuk memperbaiki proses bisnis tersebut adalah

Process Improvement

tersebut dan dapat diketahui sub proses mana yang termasuk dalam sub proses kritis. Setiap sub

proses dianalisis menggunakan tools yang terdapat dalam BPI, yaitu

menganalisisnya, maka dapat dihasilkan proses bisnis yang efektif dan efisien. Metode BPI

juga dapat membantu perusahaan melihat performansi eksisting dengan mengukur efisiensi

berdasarkan kategori waktu siklusnya.

Untuk memudahkan menganalisis, maka proses pasang baru tersebut dibagi menjadi 3

proses yaitu : proses permohonan, proses pembayaran, dan proses pemasangan. Total waktu

siklus pada proses bisnis eksisting adalah 11525.875 menit atau 24.012 hari ditambah dengan

rata – rata jangka waktu pembayaran yaitu 10 hari, sehingga total waktu siklus permintaan

pasang baru air bersih yaitu 34.012 hari.

Setelah dilakukan perbaikan pada proses bisnis eksisting, maka didapatkan waktu siklus

usulan yang diberikan kepada pihak PDAM adalah 2181.849 menit atau 4.546 hari ditambah

jangka waktu pembayaran selam 3 hari, sehingga total waktu siklus usulan yaitu 7.546 hari.

Juga dapat diketahui subproses kritis bagi perusahaan beradasarkan hasil pengamatan dan

perbaikan yang dapat dilakukan.

Business( BPI ), yaitu menganalisis setiap sub proses yang ada dalam prosesStreamlining. Dengan -

Subjek

BUSINESS
 

Katalog

PERBAIKAN PROSES BISNIS LAYANAN PERMINTAAN PASANG BARU AIR BERSIH DI PDAM BANDUNG MENGGUNAKAN METODE BUSINESS PROCESS IMPROVEMENT ( BPI )

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EMYLINE GUNAWAN
Perorangan
SRI WIDANINGRUM
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini