Saat ini ,layanan SMS sangat diminati karena penggunaanya yang mudah dan
memiliki tarif yang murah,namun seiring dengan perkembangan teknologi,pengguna alat
telekomunikasi mulai tidak puas dengan layanan pesan yang suda ada.Layanan SMS
dianggap kurang mampu mengekspresikan pesan. Hal itu menyebabkan munculnya MMS
sebagai perkembangan dari layanan SMS,pada masa yang akan datang MMS
diperkirakan akan memiliki penetrasi pasar yang cukup besar bahkan mampu
menggantikan kegunaan SMS.Melihat peluang tersebut maka operator - operator
telekomunikasi berlomba-lomba untuk mengembangkan layanan MMS. Telkomflexi juga
tertarik untuk mengembangkan layanan MMS dengan tujuan dapat meningkatkan nilai
tambahnya dan meningkatkan pendapatan perusahaan.Untuk memenangkan persaingan
antar operator penyelenggara MMS maka Telkomflexi dalam meluncurkan produk
MMSFlexi membutuhkan strategi dan bauran pemasaran MMSFlexi.
Dalam Penelitian ini terlebih dahulu dilakukan perumusan strategi awal
dengan menggunakan metode AHP, Hasil strategi ini dijadikan masukan untuk kuesioner
I kepada pelanggan seluler bandung kemudian dilakukan identifikasi pasar potensial dan
pasar tersedia dari layanan MMSFlexi kemudian dari pasar tersedia dilakukan proses
segmentasi berdasarkan basis segmentasi psikografi .Segmen yang dihasilkan kemudian
dianalisis untuk menentukan pasar sasaran layanan MMSFlexi ,kemudian untuk
memposisikan layanan dibenak konsumen pasar sasaran dibuatlah suatu positioning
statement dan terakhir menentukan strategi bauran pemasaran agar dapat menciptakan
sutu strategi pemasaran yang terpadu.
Pengumpulan data untuk segmentasi dilakukan dengnan metode survey dengan
menyebarkan kuesioner pada pelanggan seluler bandung.Dari hasil pengolahan
didapatkan bahwa pasar potensial sebesar 178 orang(78.76%) dan pasar tersedia sebesar
50 orang(31.06%).Segmentasi berdasarkan basis psikografi yang menghasilkan 3
segmen,kemudian diadakan uji diskriminan untuk mengetahui apakah variable-variabel
yang diuji tersebut memiliki perbedaan perilaku yang nyata atau tidak ,Variabel dengan
pengaruh yang terbesar digunakan untuk menentukan pasar sasaran yang akan dilayani
MMSFlexi .Setelah itu dirumuskan bauran pemasaran MMSFlexi.
Segmen pasar yang dipilih sebagai pasar sasaran adalah segmen yang ‘akan
menggunakan MMSFlexi sebagai pengganti MMS seluler lainya. Positioning statement
yang digunakan untuk memposisikan layanan ini adalah ' MMSFlexi,Amazing MMS
without Amazing Price’kemudian dibuat bauran pemasaran yang mencakup
produk,harga,tempat/distibusi,promosi,personal,fasilitas fisik dan proses.
-