Customer’s value
price
yang sama – sama menyediakan layanan kartu prabayar dan bergerak dalam bisnis seluler.
Terdapat lima faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam penentuan harga, yaitu
permintaan, biaya, kompetisi, regulasi dan tujuan perusahaan. Dalam penelitian ini,
value
pertimbangan untuk menentukan tarif Fren.
atribut dari suatu produk yang menjadi acuan atau bahan pertimbangan konsumen untuk
membeli.
kuesioner. Perbedaan antara
bahan pertimbangan untuk menentukan tarif. Kemudian dilakukan penentuan strategi tarif
dengan mempertimbangkan
Customer’s Value Map, kompetisi, tujuan perusahaan, regulasi dan biaya.
Hasil pengolahan data menunjukkan pada Customer’s Value Map posisi Fren berada di
kedua area yaitu area
Sensitivity Meter diperoleh range tarif yang diinginkan pelanggan Fren untuk beberapa
layanannya. Dengan menggunakan Customer’s Value Map dan Price Sensitivity Meter yang
didukung oleh pertimbangan terhadap kompetisi, tujuan perusahaan, regulasi dan biaya maka
diperoleh usulan tarif dan strategi tarif untuk Fren.high end menunjukan bahwa Fren membutuhkan peningkatan pada sisi kualitas
Secara umum Fren memerlukan peningkatan kualitas dan penurunan tarif. Perbandingan
dengan pasar
sedangkan dari sisi tarif Fren sudah dinilai murah. Sedangkan perbandingan dengan kompetitor
utamanya Fren memerlukan peningkatan kualitas dan penurunan tarif. Dengan adanya
penurunan tarif tersebut Fren dapat menghasilkan keuntungan lebih besar dan jumlah
pelanggan yang semakin besar.