Fren adalah salah satu layanan nirkabel CDMA, selain dari Flexy, Esia dan StarOne.
Fren adalah produk layanan dari PT. Mobile – 8. Pada saat ini semakin banyak merek layanan
CDMA, dan masing-masing operator pun berlomba-lomba untuk mengkomunikasikan produk
layanannya kepada konsumen. Berlomba-lomba untuk dapat menempati benak konsumen, yang
disebut juga dengan
untuk mengetahui bagaimana persaingan antar layanan nirkabel CDMA, berdasarkan persepsi
dan preferensi konsumen. Selain itu juga Mobile-8 perlu untuk mengetahui posisi Fren saat ini
terhadap produk layanan CDMA lainnya berdasarkan persepsi konsumen. Selain itu juga perlu
bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang menjadi preferensi konsumen terhadap suatu
layanan nirkabel CDMA dan kemudian dapat dilakukan perancangan terhadap strategi bauran
pemasaran.
Penelitian ini menggunakan kuisioner dalam memperoleh data-data persepsi yang
dibutuhkan, berdasarkan atribut-atrribut determinan. Kuisioner ini disebarkan kepada
pelanggan prabayar CDMA dan pernah menggunakan ketiga produk layanan CDMA yang ada
di kota Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan metode
menggambarkan peta persepsi. Kemudian dilakukan juga pengolahan data regresi untuk
mencari koordinat vektor atribut. Kedua hasil tersebut akan tergambarkan dalam suatu peta
posisi.
Pada hasil pengolahan data yang tergambar dalam peta posisi, maka diketahui bahwa
ketiga produk layanan, yaitu Fren. Flexy dan Esia hampir tidak terdapat persaingan. Kemudian
jika dilihat posisi Fren terhadap atribut determinan, maka diperoleh Fren memiliki kualitas
produk yang tidak baik di antara ketiga layanan CDMA. Demikian juga dengan tingkat
layanan, harga yang ditawarkan, kesulitan dalam mendapatkan produk dan promosi penjualan
yang tidak gencar. Namun ada satu keunggulan Fren berdasarkan persepsi konsumen, yaitu
banyaknya feature yang disediakan. Selain itu juga diperoleh urutan atribut yang diperhatikan
konsumen dalam memilih suatu layanan prabayar CDMA. Pertama sekali yang diperhatikan
adalah kualitas produk, kemudian harga yang ditawarkan, lalu tingkat layanan, feature yang
disediakan, kemudahan dalam mendapatkan produk dan yang terakhir diperhatikan adalah
promosi penjualan.
Perlu dirancang strategi bauran pemasaran dengan melihat posisi Fren berdasarkan
persepsi konsumen. Perlu dilakukan peningkatan terhadap kualitas produk, tingkat layanan,
membuat strategi harga yang bersaing dengan kedua operator CDMA lainnya, memudahkan
konsumen dalam mendapatkan produk, dan merancang promosi penjualan, serta tetap
mempertahankan keunggulan yang dimiliki Fren.