<p><font face="Arial">ANALISIS POSITIONING LAYANAN NIRKABEL CDMA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN FREN DI BANDUNG</font></p>

SAURMA ULI C G

Informasi Dasar

117 kali
112010171
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Fren adalah salah satu layanan nirkabel CDMA, selain dari Flexy, Esia dan StarOne.

Fren adalah produk layanan dari PT. Mobile – 8. Pada saat ini semakin banyak merek layanan

CDMA, dan masing-masing operator pun berlomba-lomba untuk mengkomunikasikan produk

layanannya kepada konsumen. Berlomba-lomba untuk dapat menempati benak konsumen, yang

disebut juga dengan

untuk mengetahui bagaimana persaingan antar layanan nirkabel CDMA, berdasarkan persepsi

dan preferensi konsumen. Selain itu juga Mobile-8 perlu untuk mengetahui posisi Fren saat ini

terhadap produk layanan CDMA lainnya berdasarkan persepsi konsumen. Selain itu juga perlu

bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang menjadi preferensi konsumen terhadap suatu

layanan nirkabel CDMA dan kemudian dapat dilakukan perancangan terhadap strategi bauran

pemasaran.

Penelitian ini menggunakan kuisioner dalam memperoleh data-data persepsi yang

dibutuhkan, berdasarkan atribut-atrribut determinan. Kuisioner ini disebarkan kepada

pelanggan prabayar CDMA dan pernah menggunakan ketiga produk layanan CDMA yang ada

di kota Bandung. Pengolahan data dilakukan dengan metode

menggambarkan peta persepsi. Kemudian dilakukan juga pengolahan data regresi untuk

mencari koordinat vektor atribut. Kedua hasil tersebut akan tergambarkan dalam suatu peta

posisi.

Pada hasil pengolahan data yang tergambar dalam peta posisi, maka diketahui bahwa

ketiga produk layanan, yaitu Fren. Flexy dan Esia hampir tidak terdapat persaingan. Kemudian

jika dilihat posisi Fren terhadap atribut determinan, maka diperoleh Fren memiliki kualitas

produk yang tidak baik di antara ketiga layanan CDMA. Demikian juga dengan tingkat

layanan, harga yang ditawarkan, kesulitan dalam mendapatkan produk dan promosi penjualan

yang tidak gencar. Namun ada satu keunggulan Fren berdasarkan persepsi konsumen, yaitu

banyaknya feature yang disediakan. Selain itu juga diperoleh urutan atribut yang diperhatikan

konsumen dalam memilih suatu layanan prabayar CDMA. Pertama sekali yang diperhatikan

adalah kualitas produk, kemudian harga yang ditawarkan, lalu tingkat layanan, feature yang

disediakan, kemudahan dalam mendapatkan produk dan yang terakhir diperhatikan adalah

promosi penjualan.

Perlu dirancang strategi bauran pemasaran dengan melihat posisi Fren berdasarkan

persepsi konsumen. Perlu dilakukan peningkatan terhadap kualitas produk, tingkat layanan,

membuat strategi harga yang bersaing dengan kedua operator CDMA lainnya, memudahkan

konsumen dalam mendapatkan produk, dan merancang promosi penjualan, serta tetap

mempertahankan keunggulan yang dimiliki Fren.

positioning. Mengantisipasi hal tersebut, maka perlu bagi PT. MobileMultidimensional Scalling untuk -

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

ANALISIS POSITIONING LAYANAN NIRKABEL CDMA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN FREN DI BANDUNG

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SAURMA ULI C G
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2005

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini