(
panggilan pada posisi di mana pun selama berada di area jangkauan, dengan tarif yang sangat
hemat. Layaknya sebuah produk baru yang akan memasuki pasar, maka perlu dilakukan
pengenalan lebih mendalam mengenai pasar yang akan dimasuki sebelum produk benar-benar
ditawarkan kepada masyarakat. Hal inilah yang menjadi dasar tujuan dari penelitian ini, yaitu
untuk mensegmentasi pasar layanan StarOne, pemilihan pasar sasaran dan penentuan posisi
serta merumuskan suatu strategi bauran pemasaran yang akan berguna dalam memberikan
masukan bagi pengembangan pemasaran selanjutnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Alat pengumpulan data
adalah kuesioner kepada pelanggan dan non-pelanggan PT Indosat. Alat ukur yang digunakan
adalah ditribusi frekuensi untuk menentukan proporsi dan karakteristik tiap segmen serta
tabulasi silang untuk mengetahui hubungan antar variabel. Penelitian dilakukan dengan
tahapan, segmentasi pasar layanan StarOne, pemilihan pasar sasaran, penentuan posisi layanan
dan perumusan strategi bauran pemasaran.
Segmentasi pasar StarOne didasarkan pada keminatan dan kesediaan responden
terhadap layanan StarOne. Segmentasi ini menghasilkan 4 segmen pasar. Segmen 1 (Minat dan
Bersedia) sebesar 39,23 %, segmen 2 (Tidak minat dan Bersedia) sebesar 10,.05 %, segmen 3
(Minat dan Tidak bersedia) sebesar 26,79 % dan segmen 4 (Tidak minat dan Tidak bersedia)
sebesar 23,92 %. Dari keempat segmen tersebut, segmen 1 dan segmen 2 dipilih sebagai pasar
sasaran untuk layanan ini. Pemilihan ini didasarkan pada tingkat kesediaan responden untuk
menganggarkan biaya penggunaan StarOne dimana hal tersebut sangat penting dalam
memutuskan apakah responden tersebut akan menggunakan atau tidak menggunakan layanan
StarOne. Selanjutnya, posisi layanan yang didasarkan pada keunggulan dan kelemahan StarOne
dibandingkan telepon seluler maupun telepon tetap serta preferensi konsumen terhadap
keunggulan StarOne. Posisi layanan dirumuskan dengan Telepon Untuk Semua. Kemudian
perumusan strategi bauran pemasaran yang didasarkan pada 4P (
promotion
Dengan pasar sasaran sebesar 49,28 % menunjukkan bahwa PT Indosat memiliki
peluang dalam memasarkan StarOne. Sedangkan sisanya yaitu segmen 3 dan 4 masih terbuka
peluang untuk dimasuki melalui
segmen tersebut.