Jasa telekomunikasi merupakan sektor yang sedang berkembang dan akan terus
berkembang. Saat ini perkembangan telekomunikasi menjadi pesat dan merubah pasar dari
monopoli kearah kompetisi yang berdampak positif bagi berbagai pihak. PT Telkom dalam
usahanya untuk meluncurkan layanan baru telekomunikasi yang akan diberikan kepada produk
TELKOMFlexi dan TELKOMSMS yaitu layanan Telkom MessageList (TML) tentunya
membutuhkan suatu langkah awal untuk menetapkan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan
dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pasar, perilaku berkomunikasi penguna
telepon seluler, mengetahui pasar potensial dan pasar tersedia, menentukan segmentasi pasar,
target pasar, serta posisi pasar, juga mendapatkan masukan-masukan untuk pengembangan
konsep produk TELKOMFlexi beserta TML.
Pada penelitian ini, alat ukur yang digunakan adalah kuisioner dan metode yang
digunakan adalah penelitian deskriptif. Untuk menentukan segmen pasar digunakan pendekatan
apriori yaitu berdasarkan perilaku tingkat pemakaian (ringan, sedang, dan berat). Segmen yang
terbentuk kemudian dilakukan pengujian dengan menggunakan uji diskriminan yang nantinya
akan diketahui perbedaan antar segmen. Selain itu, digunakan juga perhitungan frekuensi dan
crosstabs untuk mengetahui pasar potensial, pasar tersedia, karakteristik pasar, perilaku pasar,
karakteristik antar segmen, targeting serta positioning.
Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa pasar potensial TELKOMFlexi 76.2%,
pasar tersedia TELKOMFlexi 73.3%, pasar potensial TML 59.52%, dan pasar tersedia TML
adalah 59.52%. Disamping itu dapat diketahui pula karakteristik segmen pasar, dimana masingmasing
segmen dapat dibedakan dari beberapa variabel yaitu pengeluaran, keperluan
penggunaan handphone, fasilitas HP yang sering digunakan (telepon, mengirim pesan/SMS),
perilaku (telepon untuk urusan pekerjaan/bisnis, lebih banyak menggunakan handpone untuk
menelpon, dan Mencari informasi secara mendetail).
Dari hasil analisis segmentasi dapat ditentukan target pasar yaitu segmen 2.
Selanjutnya dari hasil analisis targeting, dilakukan analisis positioning yang menghasilkan
positioning statement “TELKOMFlexi, kemudahan baru berkomunikasi”. Pada penelitian ini
juga, diperoleh masukan-masukan mengenai konsep tarif TML, konsep abonemen, dan untuk
pengembangan TELKOMFlexi dan TML, meskipun tidak dibahas secara mendalam. Telkom MessageList (TML), segmentasi, target pasar, posisi produk.