Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) sebagai salah satu pionir stasiun televisi swasta di
Indonesia yang menjangkau kurang lebih 140 juta pemirsa di seluruh Indonesia (sumber :
http://tpi.tv). Dibawah pimpinan jajaran direksi yang berpengalaman di bidang pertelevisian,
kurang lebih 700 orang karyawan TPI berusaha keras untuk mempersembahkan yang terbaik
demi kepuasan pemirsa dalam menyuguhkan hiburan terbaik bagi pemirsanya. Demi
menyuguhkan acara-acara dibutuhkan sebuah budget agar dapat melaksanakan programprogram
acara itu. Salah satu sumber budget itu adalah iklan, karena iklan merupakan salah
satu pemasukan terbesar stasiun televisi dan pemasukkan iklan didapat dari client atau
advertiser agency yang akan memasarkan produk atau jasa mereka. Saat mencari pemasang
iklan, account executive televisi akan melakukan penawaran ke advertiser agency disertai Rate
Card ( rating acara dan share audience suatu acara ) dan order media yang ditawarkan. Setelah
itu Client akan membeli kira-kira berapa slot yang akan dibeli dan AE akan melakukan
Placement Order atau penempatan paket iklan pada suatu program acara berdasarkan slot yang
telah dibeli oleh pihak klien.
Kompleksnya mekanisme dalam proses ini dimana AE harus mencari dan menawarkan
Rate Card serta order media kepada pihak pemasang iklan, sehingga banyak menghabiskan
waktu dan biaya untuk AE. Sedangkan bagi pihak pemasang iklan cara seperti ini bisa
memakan proses yang lama sehingga menyebabkan butuh waktu yang cukup lama agar proses
kesepakatan pemasangan iklan tercapai. Berangkat dari masalah di atas maka dibutuhkan suatu
sistem informasi yang terintegrasi antara Account Executive TPI dan Advertiser sehingga akan
memberikan kemudahan kepada kedua pihak. Sistem ini bertujuan untuk memberikan sistem
informasi yang dapat mengurangi cost (biaya dan waktu) baik bagi Account Executive maupun
Advertising Agency sebelum dan saat proses transaksi berlangsung.
Data yang digunakan pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil
wawancara karyawan divisi account executive dari Department sales stasiun televisi TPI , yang
menyangkut masalah/kendala pada sistem lama dan informasi mengenai kebutuhan informasi
yang diperlukan pada sistem usulan, sedangkan data lain didapatkan dengan mengumpulkan
dokumen yang terdapat pada tempat studi kasus dan literatur pustaka. Pengembangan perangkat
lunak pada perancangan sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur, aplikasi
perancangan sistem informasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP (Personal Home
Page) yang didukung database MySQL pada Operating System Windows.
Berdasarkan proses eksisting dimana account executive selalu mendatangi
advertiser agency untuk proses transaksi order media, sehingga banyak waktu yang terbuang
hanya untuk mencapai kesepakatan order media antar kedua pihak .Sehingga perlu perancangan
sistem untuk komunikasi antara account executive dengan advertiser agency agar dapat
mempermudah dan memperlancar proses transaksi . Pada hasil analisis didapatkan proses
transaksi order media menjadi lebih mudah karena sistem memberikan kemudahan-kemudahan
untuk melakukan komunikasi.
Kata Kunci : Stasiun TV, Slot, Iklan, Account Executive, Advertiser Agency, Rate Card, Order
Media Stasiun TV, Slot, Iklan, Account Executive, Advertiser Agency, Rate Card, Order