Peningkatan maupun penurunan kebutuhan akan properti pada suatu daerah sangat
tergantung dengan pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut. Hal ini membuat peta
persaingan pada bisnis properti menjadi sangat ketat. Setiap perusahaan akan berusaha
menggunakan cara-cara yang effisien didalam memasarkan properti mereka agar dapat bersaing
dengan perusahaan lain. Sebagai apartemen terbesar di Jakarta Timur, Patria Park dengan kalimat
positioning “Modern Live Style Living” menghadirkan hunian mewah dan modern ditengah
persaingan bisnis properti saat ini. Dengan kondisi 93,4% unit telah terjual, pihak marketing Patria
Park ingin melaksanakan strategi direct selling secara personal kepada calon pembeli untuk
mempercepat pencapaian target penjualan. Oleh karena itu, pihak marketing apartemen Patria Park
sangat membutuhkan sebuah alat bantu promosi yang efektif dan efesien namun tetap menjaga citra
yang telah dibangun selama ini sebagai pusat hunian mewah yang modern. Berdasarkan kondisi
tersebut, penulis mencoba untuk mengajukan sebuah media Virtual Reality yang belum digunakan
secara maksimal di Indonesia khususnya di bidang properti. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk
menghasilkan sebuah alat bantu promosi berbasis Virtual Reality yang dapat dijalankan pada
perangkat mobile phone dan mengetahui tingkat efektivitas dari alat bantu tersebut.
Sampel penelitian yang digunakan oleh penelitian ialah berasal dari calon pembeli
potensial apartemen Patria Park dengan jumlah sampel yang digunakan mengikuti jumlah target
pembeli potensial yang telah ditetapkan oleh pihak marketing apartemen Patria Park selama
periode penelitian. Teknik sampling dari penelitian ini menggunakan Judgment Sampling dengan
alat pengumpul data primer berupa kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari sumbersumber
terkait. Penelitian dimulai dengan melakukan perancangan aplikasi Mobile Phone Virtual
Reality, kemudian hasil perancangan aplikasi tersebut akan diukur tingkat efektivitas aplikasi
tersebut berdasarkan pengolahan hasil pengolahan data. Pengolahan data yang digunakan
menggunakan frekuensi untuk mengetahui jumlah setiap variabel-variabel AIDA dan tabulasi
silang untuk mengetahui hubungan variabel independent dan dependent.
Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi Mobile Phone Virtual Reality dengan tingkat
efektivitas sebesar 95,74% didalam menarik perhatian calon pembeli, 89,36% didalam membuat
calon pembeli merasa tertarik, dan 76,7% didalam menarik niat calon pembeli
Hasil yang didapatkan menunjukan bahwa alat bantu promosi Mobile Phone Virtual
Reality yang telah dirancang cukup efektif untuk digunakan sebagai salah satu media pembantu
pihak marketing apartemen Patria Park didalam melakukan direct selling.
model AIDA, efektivitas promosi, Mobile Virtual Reality, VRML