customer service
didapatkan bahwa data tarif per KB jauh lebih murah dibandingkan tarif SMS biasa pada semua
operator.
Berdasarkan hal itu, dalam penelitian ini akan dianalisis kelayakan dari Pesanku
Messenger yang merupakan produk baru dari PT Global Infokom 3 sebagai salah satu peluang
bisnis yang dapat menguntungkan dan memberikan pendapatan untuk perusahaan.
Pengumpulan data pada aspek pasar dilakukan melalui survey dengan cara menyebar
kuisioner untuk mengetahui minat calon konsumen terhadap produk yang akan ditawarkan.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
pengujian dari aspek teknis dan finansial digunakan data sekunder yang diperoleh dari PT
Global Infokom 3 dan sumber terkait sebagai pemilik produk.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, diperoleh data bahwa pasar potensial
Pesanku Messenger adalah sebesar 69,8% yang diperoleh berdasarkan tingkat keminatan
responden terhadap produk. Kemudian berdasarkan variabel tingkat kemampuan, jenis SIM
card yang digunakan, serta kepemilikan layanan data (GPRS) dan JAVA di handphone,
diperoleh pasar tersedia sebesar 72,34% dari pasar potensial. Sedangkan untuk pasar sasaran,
PT Global Infokom 3 akan memasuki 9% dari pasar tersedia. Hasil penelitian aspek teknis
membuktikan bahwa dengan teknologi yang dimiliki PT Global Infokom 3 mampu melayani
dengan baik pasar sasaran yang telah ditentukan, bahkan sampai dengan 5 tahun ke depan.
Kemudian untuk hasil perhitungan menurut kriteria kelayakan investasi dengan MARR
20%, maka Pesanku Messenger ini layak untuk direalisasikan dengan NPV Rp2.771.641.701,
IRR 57%, dan PBP 2,24 tahun.