ANALISIS KELAYAKAN PESANKU MESSENGER DI PT GLOBAL INFOKOM 3

DIDIN MIFTAHUDIN

Informasi Dasar

97 kali
112020093
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini fasilitas telekomunikasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, karena

dari hari ke hari kebutuhan akan telekomunikasi semakin meningkat, baik dalam kualitas

maupun kuantitasnya. Disamping itu dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat

cepat membuat berbagai produk inovatif muncul di pasaran. Salah satu produknya yaitu SMS

sampai sekarang masih menjadi favorit konsumen. Oleh karena itu PT Global Infokom 3

sedang mengembangkan sebuah produk mirip SMS namun dengan tarif yang lebih murah,

produk ini disebut dengan Pesanku Messenger. Produk ini merupakan sebuah aplikasi

tambahan mirip SMS pada handphone yang memiliki fasilitas JAVA dan layanana data

(GPRS). Karena produk ini aplikasi tambahan, jadi bisa dipakai tanpa mengganggu fitur SMS

yang biasa ada di handphone. Pengguna bisa mengirim pesan ke handphone atau e-mail dengan

tarif yang jauh lebih murah dibandingkan tarif normal SMS. Hal ini terjadi karena pada SMS

itu pesan dikirimkan melalui kanal signaling sementara pada produk ini pesan dikirimkan

melalui kanal data, jadi tarif pengirimannnya per KiloByte (KB) sesuai tarif masing-masing

operator. Satu kali pengiriman pesan yaitu 1024 karakter dengan biaya 1 KB sesuai tarif KB

masing-masing operator. Dari hasil survey yang dilakukan dengan cara mewawancarai

customer service

didapatkan bahwa data tarif per KB jauh lebih murah dibandingkan tarif SMS biasa pada semua

operator.

Berdasarkan hal itu, dalam penelitian ini akan dianalisis kelayakan dari Pesanku

Messenger yang merupakan produk baru dari PT Global Infokom 3 sebagai salah satu peluang

bisnis yang dapat menguntungkan dan memberikan pendapatan untuk perusahaan.

Pengumpulan data pada aspek pasar dilakukan melalui survey dengan cara menyebar

kuisioner untuk mengetahui minat calon konsumen terhadap produk yang akan ditawarkan.

Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik

pengujian dari aspek teknis dan finansial digunakan data sekunder yang diperoleh dari PT

Global Infokom 3 dan sumber terkait sebagai pemilik produk.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, diperoleh data bahwa pasar potensial

Pesanku Messenger adalah sebesar 69,8% yang diperoleh berdasarkan tingkat keminatan

responden terhadap produk. Kemudian berdasarkan variabel tingkat kemampuan, jenis SIM

card yang digunakan, serta kepemilikan layanan data (GPRS) dan JAVA di handphone,

diperoleh pasar tersedia sebesar 72,34% dari pasar potensial. Sedangkan untuk pasar sasaran,

PT Global Infokom 3 akan memasuki 9% dari pasar tersedia. Hasil penelitian aspek teknis

membuktikan bahwa dengan teknologi yang dimiliki PT Global Infokom 3 mampu melayani

dengan baik pasar sasaran yang telah ditentukan, bahkan sampai dengan 5 tahun ke depan.

Kemudian untuk hasil perhitungan menurut kriteria kelayakan investasi dengan MARR

20%, maka Pesanku Messenger ini layak untuk direalisasikan dengan NPV Rp2.771.641.701,

IRR 57%, dan PBP 2,24 tahun.

tiap operator di gerai resminya masing-masing pada 21 Desember 2006Convinience Sampling. Untuk
Pesanku Messenger, Pasar, Kriteria Kelayakan.

Subjek

INDUSTRIAL
 

Katalog

ANALISIS KELAYAKAN PESANKU MESSENGER DI PT GLOBAL INFOKOM 3
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIDIN MIFTAHUDIN
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Ahmad Nugraha R
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini