Perkembangan teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah paradigma
baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis dunia yang tanpa batas.
Disadari benar bahwa perkembangan teknologi yang disebut internet, telah mengubah pola
interaksi masyarakat, yaitu; interaksi bisnis, ekonomi, sosial dan budaya. PT. Telkom, Tbk.
sebagai salah satu penyelenggara layanan internet di Indonesia dengan brand yang
diluncurkan Telkom Speedy, berkeinginan untuk dapat memenuhi harapan pelanggan, dengan
menawarkan beberapa keunggulan yang antara lain ;Saluran telepon yang dapat digunakan
secara bersamaan dengan fasilitas akses internet (Speedy) tanpa saling mengganggu, dengan
kecepatan upstream/downstream 64k/384k di sisi akses TELKOM ADSL, Layanan total
solusi oleh TELKOM (saluran akses dan kebutuhan akses internetnya disediakan oleh
TELKOM), Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly secure, dan Speed
downstream lokal akses internet pada jaringan TELKOMNet sampai dengan 512 Kbps.
Didalam usahanya untuk melakukan pengembangan produk dan mendapatkan market
share yang lebih baik, maka Telkom Speedy perlu melakukan studi market dan konsumennya
agar mendapatkan atribut-atribut yang menjadikan penentu keputusan akhir dalam
menggunakan jasa layanan.
Penelitian ini menggunakan media kuesioner dan wawancara sebagai alat pengumpulan
data, yang disebarkan dan ditanyakan kepada responden yaitu pelanggan Telkom Speedy,
dengan metode yang digunakan didalam pengambilan sampel adalah random sampling.
Pengolahan data dilakukan dengan bantuan software SPSS 13.00 for windowsdengan alat ukur
yang digunakan adalah deskriptif frekuensi dan syntax dan Microsoft Excel 2003.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil yaitu atribut-atribut yang
disukai atau diminati dan menjadi pengaruh didalam mengambil keputusan akhir didalam
menggunakan jasa layanan adalah, paket yang disertai modem dan software anti spam, harga
registrasi yang variatif dan kuota akses yang variatif. Dengan paket yang disukai adalah paket
yang disertai dengan modem, Harga Rp 525.000,00 dengan kuota akses 2 G dengan segmen
pasar sebesar 48,9%.
Selanjutnya ialah mengusulkan untuk menerapkann desain paket yang telah disebutkan
diatas agar mendapatkan segmen pasar yang lebih baik. Menambahkan atau mengoptimasi
beberapa desain kartu yang ada bila memungkinkan namun tetap memperhatikan preferensi
konsumen yang timbul. Kata kunci : Conjoint, stimuli, atribut, taraf atau level, bauran pemasaran 7P dan segmentasi