Teknologi informasi yang berkembang dengan laju kecepatan tinggi membawa
berbagai kemampuan dan fitur baru yang bermanfaat bagi kalangan bisnis dan dunia usaha. Di
bidang Internet, kini tuntutan tidak lagi sekedar konektivitas atau akses Internet saja, namun
juga meliputi solusi teknologi, peralatan dan sistem yang paling efisien dan berdaya guna untuk
menekan biaya dan memacu produktivitas. Untuk itu, PT Indosat Mega Media (IndosatM2),
penyedia terkemuka dalam layanan Internet, multimedia dan komunikasi data berbasis teknologi
IP akan mulai mengembangkan teknologi tebaru layanan jaringan nirkabel pita lebar
(broadband). Setelah mengembangkan layanan wireless fidelity (wifi) yang memungkinkan
akses internet nirkabel ditempat umum, IM2 akan meningkatkan kecepatan jaringan dengan
mengimplementasikan teknologi WIMAX.
PT. Indosat Mega Media (Indosat M2) dalam upayanya ingin meluncurkan teknologi
Wimax tentu perlu menetapkan langkah awal untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar
dan program promosi teknologi Wimax PT Indosat M2.
Metoda penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Alat pengumpul data
primer yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat pengguna laptop,
PDA dan handphone di wilayah Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah analisis cluster,
distribusi frekuensi dan perhitungan crosstabs. Analisis cluster digunakan untuk membentuk
segmen, sedangkan perhitungan crosstabs digunakan untuk melakukan analisa karakteristik
pasar, analisa perilaku pasar, tingkat keminatan dan tingkat kebersediaan dari setiap segmen.
Basis segmentasi yang digunakan adalah minat dan bersedia. Kedua basis segmentasi ini
dikombinasikan sehingga menghasilkan empat segmen yaitu Segmen I (Minat dan Bersedia),
segmen II(Minat dan Tidak bersedia), segmen III (Tidak berminat dan Bersedia), dan segmen
III (Tidak berminat dan Tidak bersedia). Setelah itu barulah ditentukan berapa besar pasar
potensia dan pasar tersedianya serta target pasarnya. Positioning dilakukan dengan
mengidentifikasi manfaatmanfaat
yang diharapkan oleh konsumen dan mengamati
karakteristik teknologi Wimax yang diperoleh dari studi pendahuluan objek penelitian. Terakhir
adalah penentuan program promosi bagi segmen sasaran
Dari hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa populasi segmen I sebesar 67,2%,
segmen II sebesar 22,5%, segmen III sebesar 0,5%, dan segmen IV sebesar 9,8%. Dari analisa
hasil segmentasi, peneliti menetapkan sasarannya pada segmen I (Berminat dan Bersedia).
Selain itu dapat diperoleh tentang perumusan positioning teknologi Wimax yaitu sebagai suatu
teknologi dengan kecepatan yang tinggi dan jangkauan area yang luas dengan positioning
statement teknologi wimax PT Indosat M2 adalah “High Speed Mobile Access”.Selanjutnya
adalah merumuskan program promosi. Untuk bauran promosi, iklan di internet dan televisi
menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi keputusan pembelian.
-