<p><font face="Arial">RISET POTENSI PASAR TEKNOLOGI WIMAX SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PT INDOSAT MEGA MEDIA</font></p>

NURWILLIANSYAH

Informasi Dasar

95 kali
112020193
658.802 598
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi informasi yang berkembang dengan laju kecepatan tinggi membawa

berbagai kemampuan dan fitur baru yang bermanfaat bagi kalangan bisnis dan dunia usaha. Di

bidang Internet, kini tuntutan tidak lagi sekedar konektivitas atau akses Internet saja, namun

juga meliputi solusi teknologi, peralatan dan sistem yang paling efisien dan berdaya guna untuk

menekan biaya dan memacu produktivitas. Untuk itu, PT Indosat Mega Media (IndosatM2),

penyedia terkemuka dalam layanan Internet, multimedia dan komunikasi data berbasis teknologi

IP akan mulai mengembangkan teknologi tebaru layanan jaringan nirkabel pita lebar

(broadband). Setelah mengembangkan layanan wireless fidelity (wifi) yang memungkinkan

akses internet nirkabel ditempat umum, IM2 akan meningkatkan kecepatan jaringan dengan

mengimplementasikan teknologi WIMAX.

PT. Indosat Mega Media (Indosat M2) dalam upayanya ingin meluncurkan teknologi

Wimax tentu perlu menetapkan langkah awal untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar

dan program promosi teknologi Wimax PT Indosat M2.

Metoda penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Alat pengumpul data

primer yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada masyarakat pengguna laptop,

PDA dan handphone di wilayah Bandung. Alat ukur yang digunakan adalah analisis cluster,

distribusi frekuensi dan perhitungan crosstabs. Analisis cluster digunakan untuk membentuk

segmen, sedangkan perhitungan crosstabs digunakan untuk melakukan analisa karakteristik

pasar, analisa perilaku pasar, tingkat keminatan dan tingkat kebersediaan dari setiap segmen.

Basis segmentasi yang digunakan adalah minat dan bersedia. Kedua basis segmentasi ini

dikombinasikan sehingga menghasilkan empat segmen yaitu Segmen I (Minat dan Bersedia),

segmen II(Minat dan Tidak bersedia), segmen III (Tidak berminat dan Bersedia), dan segmen

III (Tidak berminat dan Tidak bersedia). Setelah itu barulah ditentukan berapa besar pasar

potensia dan pasar tersedianya serta target pasarnya. Positioning dilakukan dengan

mengidentifikasi manfaatmanfaat

yang diharapkan oleh konsumen dan mengamati

karakteristik teknologi Wimax yang diperoleh dari studi pendahuluan objek penelitian. Terakhir

adalah penentuan program promosi bagi segmen sasaran

Dari hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa populasi segmen I sebesar 67,2%,

segmen II sebesar 22,5%, segmen III sebesar 0,5%, dan segmen IV sebesar 9,8%. Dari analisa

hasil segmentasi, peneliti menetapkan sasarannya pada segmen I (Berminat dan Bersedia).

Selain itu dapat diperoleh tentang perumusan positioning teknologi Wimax yaitu sebagai suatu

teknologi dengan kecepatan yang tinggi dan jangkauan area yang luas dengan positioning

statement teknologi wimax PT Indosat M2 adalah “High Speed Mobile Access”.Selanjutnya

adalah merumuskan program promosi. Untuk bauran promosi, iklan di internet dan televisi

menjadi hal yang sangat berpengaruh bagi keputusan pembelian.

-

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

RISET POTENSI PASAR TEKNOLOGI WIMAX SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN PT INDOSAT MEGA MEDIA

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURWILLIANSYAH
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini