<p><font face="Arial">ANALISIS CHURN CUSTOMER KARTU GSM DAN CDMA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION KARTU FLEXITrendy DI KOTA BANDUNG</font></p>

SETIYORINI

Informasi Dasar

139 kali
112030010
658.812
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini keberadaan sarana telekomunikasi telah berkembang dengan pesat Hal ini terbukti dari semakin meningkatnya permintaan telepon seluler dari tahun ketahun yang diikuti dengan terus bertambahnya operator layanan seluler. Semakin banyaknya operator layanan seluler di Indonesia ini membuat para operator harus bersaing dengan cukup ketat, termasuk didalamnya PT. Telkom dengan layanannya TELKOMFlexi. Sampai saat ini kartu FLEXITrendy sebagai salah satu produk TELKOMFlexi memiliki tingkat

churn yang cenderung meningkat. Penyebab customer churn kartu FLEXITrendy belum diketahui secara pasti oleh PT. Telkom. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik customer churn, pola perpindahan customer churn dan alasan utama yang menyebabkan customer churn kartu FLEXITrendy baik secara aspek teknis maupun aspek non teknis sebagai dasar perumusan program customer retention.

Pada penelitian ini, alat ukur yang digunakan adalah kuisioner. Kuisioner ini disebarkan pada customer operator layanan seluler yang pernah

Dari hasil pengolahan data diperoleh data karakteristik customer

Dari hasil analisis alasan utama yang menyebabkan customer churn dari aspek non teknis yaitu kartu yang dipilih banyak dipakai teman / saudara. Sedangkan alasan teknis yang mnyebabkan customer

churn di kota Bandung. Dari hasi penyebaran kuisioner akan diolah dengan statistika deskriptif yaitu frekuensi untuk mengetahui karakteristik customer churn dan crosstab untuk mengetahui pola perpindahan customer churn yaitu dengan matriks aljabar primer yang merupakan salah satu metode markov chain. Sedangkan untuk mengetahui alasan teknis dan non teknis menggunakan kedua perhitungan tersebut yaitu frekuensi dan crosstab. churn kartu GSM dan CDMA, dimana karakteristik tersebut dapat dijelaskan berdasarkan jenis kelamin, usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, pendapatan, pengeluaran pulsa per bulan, dan waktu tepatnya pindah SIM Card. Selain itu dari pengolahan data didapatkan pula pola perpindahan kartu GSM dan CDMA. Dimana kartu paling diminati yaitu kartu IM3 sedangkan kartu paling tidak diminati untuk dijadikan pilihan churn yaitu kartu matrix. churn kartu FLEXITrendy yaitu masalah coverage area, masalah jaringan, masalah after sales service dan masalah fitur baru. Setelah analisis alasan ini maka dapat dirumuskan program customer retention yang tepat bagi PT. Telkom.

 

 

churn, customer retention, markov chain, matriks aljabar primer, after sales service

Subjek

CUSTOMER
 

Katalog

ANALISIS CHURN CUSTOMER KARTU GSM DAN CDMA SEBAGAI DASAR PERUMUSAN PROGRAM CUSTOMER RETENTION KARTU FLEXITrendy DI KOTA BANDUNG

 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SETIYORINI
Perorangan
AGUS ACHMAD SUHENDRA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini