CV. Bartec Utama Mandiri (BUMA) adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam
bidang pembuatan furniture hospital equipment. Dalam pengembangan usahanya, CV. BUMA
berinisiatif untuk membuka usaha baru berupa jasa Powder Coating, yang merupakan bisnis
jasa pelapisan pada permukaan bahan yang terbuat dari logam dengan metode powder coating.
Usaha ini selain akan dipasarkan ke pihak luar, sebesar 40% dari kapasitas produksi
diperuntukkan sebagai pemenuhan kebutuhan internal perusahaan dalam pelapisan furniture
hospital equipment. Sehingga kualitas produk dari perusahaan dapat lebih diprioritaskan.
Diperoleh data dari Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) Semarang,
bahwa pada tahun 2006 jumlah industri pengolahan logam di Semarang mencapai 39
perusahaan, dan diperkiraakan volume produksi akan terus meningkat seiring dengan pesatnya
bisnis pengolahan logam. Sementara menurut data dari CV. BUMA sendiri, baru terdapat dua
perusahaan yang bergerak dalam bisnis jasa powder coating. Dengan demikian peluang bisnis
jasa powder coating sangat terbuka lebar mengingat pasar yang cukup besar, serta masih
sedikitnya pesaing di wilayah Semarang. Untuk itu dalam penelitian ini, dikaji bisnis jasa
powder coating yang diprediksi oleh CV. BUMA akan menjadi satu peluang dalam
pengembangan perusahaan sehingga peningkatan revenue pun bisa didapatkan.
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui survey dengan instrumen penelitian berupa
kuisioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen terhadap layanan yang akan
ditawarkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel acak sederhana
(Simple Random Sampling). Untuk pengujian dari aspek ekonomis digunakan data sekunder
yang diperoleh dari CV. BUMA sebagai pemilik bisnis jasa powder coating.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk jasa powder coating
adalah sebesar 80 %, yang diperoleh berdasarkan pada tingkat keminatan responden terhadap
layanan tersebut. Untuk pasar tersedia berdasarkan variabel tingkat kemampuan akses terhadap
layanan adalah 87,5 % dan pasar sasaran adalah 20%. Kemudian untuk hasil perhitungan
menurut parameter penilaian investasi, maka jasa powder coating ini layak dengan nilai NPV
Rp 621.860.462,- IRR 37,36 % dan PBP 2,996 tahun. Powder Coating, kelayakan, pasar, keuangan.