Pelanggan merupakan aset bagi setiap perusahaan. Oleh karena itu perusahaan
berusaha untuk mempertahankan loyalitas pelanggannya, karena efek yang dapat ditimbulkan
dari loyalitas pelanggan adalah pembelian yang berulang, kesediaan pelanggan untuk
merekomendasikan kepada orang lain. Keuntungan tersebut mendorong perusahaan untuk
merancang dan membangun strategi bisnis yang dapat mengikat pelanggan tetap loyal
menggunakan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan tersebut. Untuk mempertahankan
loyalitas tersebut perusahaan harus mengenal dan memahami pelanggannya(Barnes.J :2000)
CRM (Customer Relationship Management) yang merupakan salah satu strategi
perusahaan untuk mempertahankan pelanggan, dengan strategi ini Monik Clothing mempelajari
lebih jauh mengenai kebutuhan dan tingkah laku pelanggan sehingga dapat mengetahui
kebutuhan pelanggan dan membentuk hubungan yang kuat dengan pelanggan. Dengan
mengenal pelanggannya, perusahaan dapat memberikan pelayanan yang berbeda terhadap
segment-segment sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dalam penerapan CRM dibutuhkan
aplikasi database pelanggan yang dapat mengetahui profil pelanggannya secara lebih
mendetail, kebutuhan pelanggan, pola interaksi dan transaksi dengan perusahaan.
pelanggan merupakan suatu alat yang dapat membantu menyimpan dan menampilkan data-data
pelanggan perusahaan. Data-data yang diperlukan antara lain : data profil pelanggan, data
transaksi, dan data produk. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk memberikan informasi
mengenai pertambahan jumlah pelanggan perusahaan, pertambahan transaksi dan harapan
pelanggan terhadap produk perusahaan. Dari hasil pengolahan data-data tersebut, perusahaan
melalui manajemen dapat mengambil kebijakan sesuai informasi yang ditampilkan.Perangkat
yang diperlukan dalam merancang aplikasi ini adalah: PHP sebagai bahasa scripting, Apache
Web Server, dan MySQL sebagai pengolah database. Dan untuk menampilkan data dari
database digunakan web browser.
Aplikasi ini dapat dijadikan alat bantu Monik Clothing dalam memberikan informasi
Analitical. CRM ini dapat mengetahui secara lebih mendetail mengenai profile dan segmentasi
pelanggan, kebutuhan pelanggan, pola interaksi dan transaksi, serta penjualan dan produk
sebagai acuan dalam menentukan strategi CRM pada kegiatan pemasaran, perancangan produk
untuk mempertahankan pelanggan
CRM (Customer Relationship Management ), Pelanggan, Segmentasi