Proses penyelesaian pesanan menjadi salah satu bagian yang sangat penting bagi
Sultan Agung Endah (SAE) Meubel dalam memenuhi kebutuhan konsumen serta secara tidak
langsung mempengaruhi kinerja perusahaan. Informasi tentang jenis order, stok bahan baku
yang ada di gudang, tanggal pesanan diambil, arah dan tujuannya haruslah lengkap, tepat, dan
cepat sehingga membantu dalam penyelesaian pesanan. Namun, kenyataan yang ada
perusahaan masih mengalami kesulitan dalam hal kekuratan dan kecepatan pendokumentasian
data karena sistem informasi di SAE meubel yang berupa pencatatan order, pembelian barang
dan laporan inventori untuk stok bahan baku masih dilakukan secara manual. Oleh karena itu,
perlu dibuat suatu sistem baru yang terkomputerisasi agar pencatatan, penghitungan,
pengecekan, dan penyimpanan data dapat berjalan dengan lebih baik.
Data primer pada perancangan sistem informasi ini diperoleh dari hasil wawancara,
baik itu menyangkut permasalahan dan kelemahan pada sistem lama maupun kebutuhan
informasi terhadap sistem baru. Data sekunder didapat dengan mengumpulkan dokumen yang
terdapat pada tempat studi kasus. Pada pengembangan perangkat lunak, aplikasi
menggunakan bahasa pemograman Delphi 7.0 yang didukung database MySQL. Dengan
kehandalan perangkat lunak dan aplikasi sistem informasi, kebutuhan user terutama dalam hal
kebutuhan informasi yang cepat, tepat, akurat, dan keamanan data, dapat terpenuhi.
Sistem informasi ini dapat berguna sebagai alat bantu bagi user dalam mengolah
data-data yang berkaitan dengan proses penyelesaian pesanan dan secara tidak langsung
mampu menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan bagi pemilik
perusahaan.
Sistem Informasi, Pesanan (order), Furniture