Teknologi CDMA diperkirakan akan berkembang dengan pesat beriringan
dengan teknologi wireless lainnya. Perkembangan Pelanggan CDMA sangat signifikan
pada 2,5 tahun terakhir. Proyeksi pertumbuhan Flexi di tahun 2007 sebesar 47%, dengan
proyeksi produksi pulsa 43,253 juta menit dan SMS (Short Message Service) 1,122
juta,menjadi target yang menantang bagi Telkom untuk menciptakan program-program
baru dan fitur-fitur baru Flexi.
Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan komputasi persuasif,
suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan
manusia kapan dan dimana saja. Dengan fenomena aktivitas kerja saat ini yang bergerak
seperti mobile worker atau remote worker, ragam komunikasi akan lebih baik jika dapat
diakses dengan menggunakan mobile phone. Data informasi pribadi seperti jadwal hingga
kontak rekan bisnis dapat diakses secara langsung kapan dan dimana saja.
Dengan memanfaatkan aplikasi Short Message Service (SMS) dari sebuah
mobile phone dan/atau Packet Data Network (PDN), PT. Telkom memberikan
kemudahan bagi para pelanggan dengan menyediakan media layanan transport untuk
proses upload maupun download data informasi pribadi pelanggan ke atau dari server via
SMS dan/atau PDN. Flexi Personal Info Services via SMS dan/atau PDN diharapkan
mampu menyediakan sarana yang mudah dan mempunyai keunggulan dalam memberikan
pelayanan penuh kepada penggunanya, kapan dan dimana saja dan menjadi sebuah nilai
tambah layanan (Value Added Service ) yang juga dapat memberikan kontribusi bagi
Telkom untuk meningkatkan pendapatan dan loyalitas pelanggan Flexi.
Untuk itu, dalam penelitian ini penulis mengkaji apakah layanan baru yang
diprediksi oleh Telkom sebagai salah satu peluang untuk meningkatkan loyalitas
pelanggan sehingga peningkatan revenue pun bisa didapatkan.
Pengujian aspek pasar ditempuh melalui survey dengan instrumen penelitian
berupa kuisioner untuk mengetahui profil dan minat calon konsumen terhadap layanan
yang akan ditawarkan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
convenience sampling. Untuk pengujian dari aspek ekonomis digunakan data sekunder
yang diperoleh dari TELKOM sebagai penyedia layanan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasar potensial untuk layanan Flexi
Personal info Services adalah sebesar 70% untuk perusahaan dalam range karyawan 0-
300 dan 66% untuk perusahaan dalam range 301-600, yang diperoleh berdasarkan pada
tingkat keminatan responden terhadap layanan tersebut. Untuk pasar tersedia berdasarkan
variabel pengaruh harga terhadap penggunaan layanan adalah 54,8% untuk perusahaan
dalam range karyawan 0-300 dan 61,5% untuk perusahaan dalam range 301-600 dimana
prosentase tersebut dari pasar potensial dan pasar sasaran adalah 10%. Kemudian untuk
hasil perhitungan menurut parameter penilaian investasi, maka layanan Flexi Personal
info Services ini memiliki nilai NPV Rp 151.561.059,-, IRR 36,39%, dan PBP 3,84
tahun.
Dengan melihat hasil penelitian yang telah dilakukan maka layanan Flexi
Personal info Services ini layak untuk direalisasikan.
Flexi Personal Info Services, riset pasar, keuangan, kelayakan.