PT. Telkom merupakan salah satu pengelola jasa telekomunikasi dan informasi di
indonesia. Dengan adanya globalisasi menciptakan tata dunia baru dimana dunia bergerak cepat
menjadi satu pasar yang efisien dan transparan, hal ini membawa konsekuensi semakin
meningkatnya kebutuhan akan layanan berkomunikasi yang cepat, praktis dan berjaringan luas
seperti internet. Melihat pada kebutuhan ini, maka PT. Telkom sejak tahun 2002 telah
mengembangkan produk internetnya agar terus berkembang dan digemari masyarakat. Salah satu
produk yang terbaru dari PT. Telkom adalah adanya layanan internet berakses cepat yaitu Telkom
Speedy dan segala perangkat pendukungnya. Salah satu yang terbaru yang akan diluncurkan oleh
PT. Telkom adalah produk ADSL Powerline Homeplug.
Pada tugas akhir ini dilakukan sebuah analisis untuk mengetahui kelayakan dari produk
ADSL Powerline Homeplug apabila nantinya diluncurkan ke pasar wilayah Bandung. Analisis
kelayakan dari peluncuran produk ini dilihat dari 3 aspek yaitu aspek pasar, aspek fteknis dan aspek
finansial. Pada aspek pasar penulis melakukan pengambilan data dengan cara melakukan
penyebaran kuesioner kepada 203 pelanggan Telkom Speedy untuk mengetahui tingkat keminatan
terhadap produk dan harga yang ditawarkan untuk penjualan produk ini. Pada aspek teknis penulis
mencoba menganalisa kesiapan jaringan dan infrastruktur yang telah ada guna menunjang
implementasi produk ADSL Powerline Homeplug ini. Dan pada aspek finansial penulis membahas
mengenai biaya – biaya dan estimasi pendapat yang akan didaptkan oleh perusahaan serta
menganalisis tingkat kelayakan finansial dari produk ini apabila diluncurkan nantinya.
Dari pengolahan data serta analisa yang telah dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan
bahwa peluncuran produk ADSL Powerline Homeplug ini akan dapat dikatakan layak apabila
diluncurkan dengan harga Rp 600.000,00 untuk Modem Homeplug ADSL dan Rp 300.000,00 untuk
Adaptor Homeplug ADSL dengan variabel kelayakan finansial yaitu : NPV sebesar
Rp1,773,444,173 , IRR sebesar 39% dan Payback Period selama 4 tahun. Namun bila terjadi
perubahan harga jual terhadap produk, maka produk tersebut akan menjadi tidak layak untuk
diluncurkan. Karena variabel harga jual produk sangatlah sensitif dan berbanding lurus dengan
tingkat kelayakan produk.
ADSL Powerline Homeplug, Analisis Kelayakan, Telkom Speedy