Perancangan Aplikasi Business Game Dengan Metode Analisis dan Perancangan Terstruktur Berbasis Model Sistem Bisnis Telekomunikasi Yang Dikembangkan Dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan

Ruli Ghazali

Informasi Dasar

112030138
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Simulasi bisnis adalah kegiatan yang membahas tentang bagaimana mensimulasikan sistem bisnis yang kompleks di dunia nyata. Dalam pelaksanaannya, simulasi bisnis seringkali melibatkan penggunaan perangkat lunak komputer (aplikasi business game). Aplikasi business game digunakan oleh perguruan tinggi sebagai sarana pendidikan untuk melatih mahasiswa membuat keputusan finansial yang sesuai dengan kenyataan melalui sebuah simulasi. Sementara itu, beberapa perusahaan menggunakannya sebagai sarana dalam perekrutan karyawan. Aplikasi business game juga dapat menjadi alat promosi bagi perguruan tinggi dan perusahaan melalui kegiatan lomba business game.
Dalam tugas akhir ini dikembangkan model sistem bisnis telekomunikasi di Indonesia dengan menggunakan metode jaringan syaraf tiruan. Atribut yang terlibat dalam model ini yaitu tarif, jumlah BTS, beban usaha, total aktiva, dan market share. Adapun fungsi yang menggambarkan pengaruh dari tarif, jumlah BTS, beban usaha, dan total aktiva terhadap market share berdasarkan hasil pengolahan data dengan bantuan software Matlab adalah:
y = [(z1n1) + (z2n2) + (z3n3) + (z4n4) + (z5n5) + (z6n6) + (z7n7) + (z8n8) + b2]
keterangan:
y = market share
n = bobot
b = bias
z = neuron yang ada di hidden layer
Berdasarkan fungsi tersebut dan parameter penentu kemenangan yaitu ROI dapat diketahui bahwa strategi untuk meraih kemenangan adalah dengan meninggikan nilai revenue, serta merendahkan nilai beban usaha dan nilai total aktiva.
Berdasarkan hasil perancangan sistem dengan metode analisis terstruktur dapat disimpulkan bahwa aplikasi business game yang dibuat sudah terdokumentasikan untuk kebutuhan pengembangan sistem lebih lanjut. Dan sistem yang telah dirancang memiliki kelebihan yang belum ada pada sistem eksisting dilihat dari sisi aplikasi dan sisi kelayakan. Kelebihan dari sisi aplikasi adalah sistem memberikan opsi bagi pemain untuk dapat mengatur arus kas perusahaan melalui pilihan metode pengembalian pinjaman bank, mengatur depresiasi atas aset tetap, dan perhitungan peramalan demand dengan metode ekonomi makro. Dari sisi kelayakan, sistem mampu menampung lebih banyak user, lebih praktis untuk digunakan, dan lebih memiliki nilai promosi bagi Institut Teknologi Telkom.
aplikasi business game, analisis dan perancangan terstruktur

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

Perancangan Aplikasi Business Game Dengan Metode Analisis dan Perancangan Terstruktur Berbasis Model Sistem Bisnis Telekomunikasi Yang Dikembangkan Dengan Metode Jaringan Syaraf Tiruan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ruli Ghazali
Perorangan
Christanto Triwibisono, Farda Hasun
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini