Pesatnya perkembangan internet dan game online di lingkungan mahasiswa, khususnya
daerah Jatinangor, saat ini membuat banyak kalangan menjadikan hal tersebut sebagai peluang
usaha. Keberadaan internet dan game online seakan menjawab kebutuhan mereka akan media
informasi dan hiburan yang menyenangkan. Internet dan game online bahkan telah menjadi
bagian penting bagi sebagian kalangan mahasiswa. Maka dari itu, keberadaan layanan Internet
Kost dan Game Online Multiplayer Kost diharapkan akan menjadi pilihan mahasiswa dalam
memenuhi kebutuhannya akan informasi dan hiburan.
Oleh karena itu, dalam upaya mewujudkan usaha ini penulis melakukan penelitian
guna mengkaji tingkat kelayakan layanan ini dilihat dari beberapa aspek yaitu pasar, teknis dan
teknologi, dan finansial. Pada aspek pasar penelitian dimulai dengan melakukan penyebaran
kuseioner untuk memperoleh pasar potensial, pasar sasaran, dan pasar tersedia, serta didukung
oleh data pertumbuhan demand. Pada aspek teknis dan teknologi dilakukan pengumpulan data
konfigurasi jaringan, spesifikasi dan kebutuhan perangkat, kapasitas jaringan, dan keamanan
jaringan. Pada aspek finansial, data yang telah diperoleh pada aspek pasar dan aspek teknis dan
teknologi, ditambah data tarif layanan dan MARR akan digunakan dalam menentukan proyeksi
pendapatan, proyeksi rugi-laba, aliran kas, neraca, dan kelayakan finansialnya.
Dari hasil pengolahan data kuesioner, diperoleh pasar potensial untuk layanan Internet
Kost dan Game Online Multiplayer Kost sebesar 70,7% dan 33,9% berdasarkan kepemilikan
laptop atau komputer, keminatan, dan ketertarikan akan layanan ini Pasar tersedia sebesar
77,8% dan 54,8% diperoleh berdasarkan kepemilikan laptop, keminatan, ketertarikan, dan
kemampuan berlangganan layanan ini, dan pasar sasarannya sebesar 23%. Dari perhitungan
kelayakan finansial diperoleh NPV sebesar Rp 99.475.070, IRR sebesar 63,16%, dan PBP
selama 1,71 tahun.
Dilihat dari hasil pengolahan data pada aspek pasar, aspek teknis dan teknologi, dan
aspek finansial dapat diambil beberapa kesimpulan. Pertama, investasi usaha pada layanan
Internet Kost dan Game Online Multiplayer Kost menjadi layak untuk dijalankan dilihat dari
aspek pasar dan aspek teknis dan teknologi, dan aspek finansial. Kedua, layanan ini masih
dikatakan layak apabila terjadi perubahan atau tingkat sensitivitas pada beberapa variabel
dengan pertimbangan : jumlah demand turun 16%, tarif turun 16%, investasi perangkat naik
110,5%, dan biaya operasional naik 21%. Dan terakhir, dengan memasukkan faktor resiko
sebesar 10%, investasi Layanan Internet Kost dan Game Online Multiplayer Kost masih layak
untuk dijalankan. Analisis Kelayakan