PENERAPAN METODE RELIABILITY CENTRED MAINTENANCE (RCM) DAN RISK BASED INSPECTION (RBI) PADA PENINGKATAN QUALITY OF SERVICE NODE B JARINGAN UMTS di PT. TELKOMSEL JAKARTA SELATAN

PUTRI RACHMA PERMATA

Informasi Dasar

181 kali
112041028
658.202
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT.Telkomsel sebagai salah satu pemain utama di dunia ICT Indonesia senantiasa berusaha tetap bersaing sehat dengan para kompetitornya, dan dalam rangka memenangkan persaingan dan memberikan garansi yang layak bagi pelanggannya, harus memperhatikan Quality of Service dari jaringan UMTS yang dimiliki. Salah satu bagian penting dalam arsitektur jaringan UMTS adalah Node B. Apabila Node B mengalami gangguan bahkan sampai down, maka akan berakibat hilangnya potential revenue bahkan dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan konsumen. Oleh karena itu dibutuhkan metode perawatan Node B yang efektif dan efisien sehingga dapat mempertahankan kondisi BTS tetap baik.
Dalam upaya meningkatkan Quality of Service jaringan telepon selular maka dilakukan analisis secara kualitatif dan kuantitaf. Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunkan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) untuk menentukan preventive maintenance task yang cocok untuk masing-masing komponen berdasarkan karakteristik reliability-nya . Pada metode RCM dilakukan beberapa tahap analisis yaitu pemilihan sistem dan pengumpulan informasi, deskripsi sistem, fungsi dan kegagalan fungsional, failure mode dan kegagalan fungsional, logic tree analysis dan task selection. Analisis kuantitatif dilakukan untuk menentukan interval waktu perawatan pemeriksaan dengan menggunakan metode Risk Based Inspection (RBI). Analisis kualitatif pada penelitian ini hanya dilakukan pada komponen kritis penyusun Node B dan jenis task yang dilakukan berdasarkan hasil analisis kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif dengan menggunakan metode RCM terhadap komponen penyusun Node B dalam menentukan kebijakan preventive maintenance adalah terdapat 15 Condition Directed task, 3 failure finding, 0 Time directed, dan 1 Run to Failure. Sedangan berdasarkan analisis kuantitatif, ditentukan tiga komponen terkritis yaitu WTR, WSP, dan RAU. Jadwal pemeriksaan usulan, WTR diperiksa pada hari ke-4, WSP diperiksa pada hari ke-3, RAU diperiksa pada hari ke-2.
Dari hasil pengolahan data diperoleh karakteristik kegagalan dari masing-masing komponen. WTR, WSP, dan RAU berdistribusi Weibull. Berdasarkan analisis RCM dan RBI pada penelitian dihasilkan kebijakan perawatan pencegahan yang dilakukan dapat memungkinkan meningkatnya reliability. Nilai reliability yang meningkat akan menigkatkan QoS dan pada akhirnya kepuasan pelanggan juga akan meningkat. Reliability, RCM, RBI, Quality of Service

Subjek

MAINTENANCE
 

Katalog

PENERAPAN METODE RELIABILITY CENTRED MAINTENANCE (RCM) DAN RISK BASED INSPECTION (RBI) PADA PENINGKATAN QUALITY OF SERVICE NODE B JARINGAN UMTS di PT. TELKOMSEL JAKARTA SELATAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI RACHMA PERMATA
Perorangan
Sutrisno, Rohmat Saedudin
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini