Perencanaan Strategi Bersaing Unit Bisnis Pos Express UPT PT Pos Indonesia II Bandung Untuk Produk Next Day Segmen Ritel

Novi Yana

Informasi Dasar

156 kali
112041037
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Unit Bisnis Pos Express merupakan salah satu portofolio bisnis yang dimiliki oleh PT Pos Indonesia dalam bidang pengiriman express. Misi yang dimiliki adalah mengirimkan dokumen, barang dan service terkait secara cepat, akurat, dan traceable dengan dukungan teknologi informasi yang handal dan sumber daya yang profesional sehingga dapat memberikan kepuasan maksimal kepada konsumen. Dalam rangka memenangkan persaingan maka Pos Express memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan. Namun, tingkat kepuasan konsumen ini perlu dibandingkan dengan tingkat kepuasan konsumen pesaing dengan berfokus kepada tingkat kepentingan konsumen dalam memilih jasa layanan express.
Dalam upaya menciptakan keunggulan bersaing maka dilakukan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif untuk menganalisis lingkungan eksternal dan internal. Analisis lingkungan eksternal dibagi menjadi tiga bagian yaitu lingkungan makro, lingkungan industri, dan lingkungan pasar. Lingkungan makro meliputi politik, ekonomi, sosial, dan teknologi yang berhubungan dengan industri pengiriman express. Lingkungan industri terdiri dari ancaman pendatang baru, kekuatan pemasok, kekuatan tawar-menawar konsumen, tingkat persaingan, dan ancaman barang pengganti. Sedangkan analisis lingkungan pasar terdiri dari analisis pesaing dan konsumen. Analisis lingkungan internal untuk mengetahui sumber daya, kapabilitas, dan kompetensi Pos Express. Sehingga didapatkan kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman dalam analisis SWOT. Analisis kuantitatif untuk menghitung tingkat kepuasan pelanggan yang akan digunakan dalam pembuatan Customer Value Map dan Matrik Konsumen. Sedangkan perhitungan tingkat keefektifan dan keefesienan yang sebelumnya diberi peringkat secara subjektif dari ahlinya yaitu Branch Manajer Pos Express digunakan untuk pembuatan Matrik Produsen. Penekanan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dimana analisis kuantitatif sebagai pendukung analisis kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif dan kuantitatif tersebut adalah adanya peluang Pos Express untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Dari lima tingkat kepentingan pemilihan jasa pengiriman express Pos Express kurang memberikan kepuasan di penanganan keluhan pelanggan dan tentang asuransi pengiriman. Sedangkan dalam keunggulan bersaing Pos Express kurang unggul dalam brand name dibandingkan dengan PT CV Tiki.
Dari hasil pengolahan data dan analisis yang dilakukan maka ditentukan perencanaan strategi bersaing. Dengan strategi bersaing ini diharapkan dapat meningkatkan market share Pos Express dan memenangkan persaingan. Strategi bersaing, unit bisnis, analisis kualitatif

Subjek

STRATEGI BISNIS
 

Katalog

Perencanaan Strategi Bersaing Unit Bisnis Pos Express UPT PT Pos Indonesia II Bandung Untuk Produk Next Day Segmen Ritel
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Novi Yana
Perorangan
Husni Amani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini