PT. Perdana IMMG sebagai perusahaan media marketing di Indonesia saat ini sedang
menghadapi persaingan ketat dengan perusahaan media lainnya. Persaingan ini menuntut PT.
Perdana IMMG untuk memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Keadaan ini
membuat PT. Perdana IMMG harus selalu mengetahui kinerja SDM yang dimilikinya secara
berkala. Selama ini telah dilakukan pengukuran kinerja SDM, namun pengukuran ini dirasa
kurang lengkap karena terfokus pada pengukuran individu, sedangkan yang dibutuhkan
adalah suatu instrumen dan juga alat bantu dalam mengukur kinerja SDM, mengetahui
bagaimana kontribusi SDM terhadap kinerja perusahaan, dan menjadi dasar kebijakan
perusahaan di bidang SDM. Dengan mempertimbangkan masalah-masalah di atas, maka
dalam penelitian ini dilakuakn identifikasi tolok ukur yang mencerminkan kinerja serta visi
perusahaan, dan perancangan sistem informasi yang mampu mempresentasikan kinerja SDM
dan mengukur kinerja SDM PT. Perdana IMMG dengan metode HR Scorecard.
Salah satu metode pengukuran kinerja SDM yang berkembang saat ini adalah metode
HR Scorecard, yaitu sistem pengukuran yang menghubungkan antara pekerja, strategi
perusahaan, dan kinerja melalui empat perspektif, yaitu: perspektif keuangan, perspektif
pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Pengukuran kinerja SDM PT. Perdana IMMG dilakukan dengan sistem informasi yang
dirancang sesuai dengan kerangka pengukuran. Proses perancangan melalui beberapa
tahapan, yaitu: wawancara, diskus, identifikasi dan pembobotan tolok ukur strategis, lalu
perancangan sistem informasi.
Perncangan sistem informasi dilakukan dengan menggunakan Microsoft Visual Studio
dan MySql sebagai basis data. Kebutuhan sistem ini diperoleh dari perncangan alat ukur HR
Scorecard yang dihasilkan pada proses sebelumnya.
Perancangan sistem pengukuran kinerja SDM menghasilkan 18 tolok ukur strategis
yang berpengaruh terhadap kinerja SDM perusahaan. Tolok ukur yang memiliki bobot
terbesar pada setiap perspektif, akan menjadi tolok ukur utama atau key performance
indicator. Key performance indicator untuk setiap perspektif adalah sebagai berikut:
Perspektif
Bobot
Perspektif Key Performance Indicator
Bobot Tolok
Ukur
Keuangan 25,58% Human Capital Value Added 59,61%
Pelanggan 52,00% Indeks Kepuasan Pegawai 52,61%
Proses Bisnis Internal 15,18% Nilai Pencapaiian People Mangement 52,34%
Pembelajaran dan
Pertumbuhan
7,24% Jumlah Program Pelatihan dan Pendidikan
Pegawai per Tahun
33,92%
Pengukuran kinerja SDM menyeluruh dilakukan dengan menggunakan sistem informasi yang
telah dirancang. Dengan menggunakan data sekunder perusahaan periode tahun 2010 maka
hasil perhitungan kinerja tiap perspektif adalah sebagai berikut:
1. Perspektif keuangan mencapai hasil 3,28 (Kurang)
2. Perspektif Pelanggan mencapai hasil 3,53 (Kurang)
3. Perspektif Proses Bisnis Internal mencapai hasil 3,81 (Cukup)
4. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan mencapai hasil 3,22 (Kurang)
Nilai pencapaian kinerja SDM PT. Perdana IMMG adalah 3,54 dan termasuk dalam kategori
kurang.
SDM, Kinerja, HR Scorecard