Proses pengadaan barang sebagai penunjang kegiatan operasional sebuah perusahaan
perlu mendapatkan perhatian khusus dari perusahaan tersebut karena sekarang ini persaingan
bisnis sudah semakin ketat. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang telah banyak
dimanfaatkan dalam membangun bisnis yang lebih terintegrasi. Selama ini, proses pengadaan
di PT. Adiniaga Sentra Persada masih belum optimal. Penggunaan sotware Microsoft Excel
sebagai pengolah data masih memiliki kekurangan karena rentan terhadap kesalahan dan belum
dapat diakses oleh semua kantor cabang atau District Sales Officer (DSO) dan bagian,
mengingat banyaknya kantor cabang yang dimiliki . Selain itu, proses permintaan barang masih
menggunakan form-form dalam mengisi data dan terjadi duplikasi aktifitas selama proses
pengadaan barang berlangsung. Adanya permasalahan tersebut melatarbelakangi adanya
penelitian tugas akhir yang berjudul “Perancangan Sistem Pengadaan Barang Berbasis Web di
PT. Adiniaga Sentra Persada”. Sistem ini dirancang agar dapat menunjang proses input
permintaan barang, Purchase Order, Delivery Order, cetak Packing List, cek status barang
sampai dengan pelaporan barang terkirim dan pembelian barang.
Dalam merancang sistem ini, ada beberapa hal yang dilakukan dalam memecahkan
masalah yang secara garis besar terbagi menjadi empat tahap. Tahap pertama adalah tahap
pendahuluan yang dilakukan untuk memberikan arahan, menentukan tujuan, dan untuk
memfokuskan pembahasan dalam proses penelitian selanjutnya. Tahap kedua adalah tahap
analisis dan perancangan sistem. Pada tahap ini dilakukan analisis sistem eksisting untuk
mengetahui kekurangan sistem dan menentukan identifikasi kebutuhan sistem baru, kemudian
dilakukan perancangan sistem berdasarkan kebutuhan sistem. Tahap ketiga adalah tahap
pengujian dan analisis sistem. Berdasarkan sistem yang telah dirancang, maka dilakukan
pengujian untuk mengetahui apakah sistem sudah mampu merepresentasikan tujuan awal dan
mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan sistem. Tahap keempat adalah tahap kesimpulan
dan saran, yang didasarkan pada hasil pengujian.
Tugas akhir ini terdiri dari beberapa bab yaitu Bab I mengenai latar belakang, tujuan
penulisan, manfaat dan batasan masalah. Bab II berisi tentang studi literatur mengenai konsep
Supply Chain, konsep E-Procurement dan sistem informasi. Bab III mengenai pemodelan
secara konseptual dari sistem yang dibentuk beserta perumusan masalah dari tugas akhir ini.
Bab IV sebagai inti dari pembahasan dari tugas akhir ini berisi perancangan sistem yang dibuat
dan dilanjutkan dengan analisis sistem pada bab V. Bab terakhir yaitu bab VI berupa
kesimpulan dan saran dari tugas akhir yang dibuat.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang
dirancang mampu melakukan pencatatan dan pengecekan permintaan barang dan memberikan
informasi berupa laporan permintaan barang dan pembelian barang serta mampu melakukan
koneksi dengan terminal SMS Gateway untuk melakukan notifikasi data yang masuk. Permintaan Barang, Purchase Order, Packing List, SMS Gateway