Politeknik Telkom sebagai sebuah institusi yang menyelenggarakan jasa pendidikan vokasional berusaha untuk bisa bersaing dengan institusi lain yang menyelenggarakan jasa pendidikan. Untuk bisa bersaing, maka Politeknik Telkom harus memberikan kualitas layanan pendidikan yang bagus. Kualitas layanan pendidikan yang bagus sangat dipengaruhi oleh kualitas sumber daya manusia yang dalam hal ini adalah dosen terutama dosen tetap. Kualitas dosen tetap yang ada di Politeknik Telkom belum memenuhi standar DIKTI jika dilihat dari sisi kecukupan jumlahnya, ataupun kualifikasi lainya yang menyangkut strata, jabatan fungsional akademik, dan sertifikasi.
Pada penelitian ini akan dilakukan perbaikan proses bisnis pengembangan dosen tetap di Politeknik Telkom menggunakan metode reengineering clean sheet approach yaitu pemikiran ulang secara fundamental dan desain ulang secara radikal proses bisnis untuk meraih perbaikan dramatis dalam ukuran performansi yang kritis seperti ongkos, servis dan kecepatan (Hammer dan Champy, 1993). Perbaikan ini dilakukan melaui tahap identifikasi proses bisnis eksisting, ide kreatif, perancangan proses, dan validasi. Pada tahap ide kreatif akan melibatkan brainstorming, benchmarking, dan fantasizing. Tahap brainstorming dilakukan pada Direktur Politeknik Telkom. Tahap benchmarking dilakukan pada Universitas Indonesia (UI) dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Selain data dari UI dan PNJ dalam proses benchmarking juga digunakan data standar DIKTI, instrumentasi akreditasi diploma, dan beberapa standar world class university sebagai data acuan. Data benchmarking yang digunakan meliputi proses kenaikan jabatan fungsional akademik, proses sertifikasi, proses penelitian, proses pengabdian masyarakat, proses rekrutmen, proses evaluasi kinerja dosen, rasio dosen tetap dan mahasiswa, rasio dosen tetap dan tidak tetap, kualifikasi dosen tetap, dan rata-rata beban mengajar dosen tetap per semester. Pada tahap fantasizing dilakukan pemikiran untuk menemukan ide-ide kreatif terkait dengan pengembangan dosen tetap di Politeknik Telkom. Setelah melalui tahap ide kreatif dilakukan perancangan proses dan pembuatan roadmap pengembangan dosen sebagai usulan perbaikan, kemudian dilakukan validasi.
Hasil dari penelitian tugas akhir ini adalah perbaikan proses bisnis pengembangan dosen tetap di Politeknik Telkom yang meliputi proses kenaikan jabatan fungsional akademik, proses sertifikasi, proses penelitian, proses pengabdian masyarakat, proses rekrutmen, proses evaluasi kinerja dosen, rasio dosen tetap dan mahasiswa, rasio dosen tetap dan tidak tetap, kualifikasi dosen tetap, dan rata-rata beban mengajar dosen tetap per semester, proses studi lanjut, dan studi banding dosen. Selain itu, dihasilkan juga roadmap pengembangan dosen tetap Politeknik Telkom dari tahun ajaran 2010/2011-2016/2017.
Rekomendasi dari penelitian ini meliputi rekomendasi kepada Politeknik Telkom dan penelitian selanjutnya. Rekomendasi untuk politeknik Telkom adalah melakukan pengembangan dosen tetap secara terus menerus, memberikan anggaran yang besar untuk pengembangan dosen teap, memaksimalkan fungsi struktur organisasi, dan melakukan pengambangan dalam hal lain seperti kurikulum, sarana dan pra sarana, dan tata pamong. Sedangkan rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah dibuatkan sistem informasi untuk evaluasi kinerja dosen dan dasar pengembangan dosen tetap yang dilakukan tidak hanya jumlah mahasiswa setiap tahun ajaran namun juga memperhatikan jumlah program studi dan studi yang diadakan. proses bisnis,reengineering, brainstorming, benchmarking, fantasizing