USULAN PERBAIKAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI DEFECT PADA METAQL BOX DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT INDUSTIRA

ABDULLAH AL'ALIYI S.

Informasi Dasar

112060109
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar saat ini semakin ketat, baik dalam bisnis manufaktur maupun bisnis penyedia jasa. PT.Industira adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur panel listrik serta metal box yang diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar nasional serta pasar internasional. Sistem manajemen kualitas yang diterapkan yaitu sebuah sistem saran dari customer internal maupun customer eksternal. Sebuah perbaikan atau tindakan akan dilakukan perusahaan hanya jika terdapat sebuah saran atau usulan yang diterima. Namun, PT.Industira masih memiliki masalah kualitas karena persentase produk cacat melebihi batas maksimal yang ditetapkan perusahaan. Batas yang ditetapkan perusahaan yaitu sebesar 2% untuk produk metal box dan 6% untuk produk panel listrik. Hal tersebut menunjukkan perlunya diambil sebuah action oleh perusahaan sehingga masalah tersebut dapat ditangani dan diselesaikan dengan baik.

Meningkatkan kualitas produksi metal box dapat digunakan metode six sigma. Six sigma dapat didefinisikan sebagai sebuah metodologi terstruktur untuk memperbaiki proses yang difokuskan pada usaha mengurangi variasi proses sekaligus mengurangi cacat. Struktur Six sigma terdiri dari lima tahapan yang disingkat DMAIC, yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, Control. Namun, pada penelitian dilakukan hingga tahap improve. Tahap define dilakukan identifikasi masalah. Pada tahap measure dilakukan pengukuran kinerja produksi dengan melihat pengukuran stabilitas proses dan kapabilitas proses. Tahap analyze dilakukan analisis kinerja produksi dan identifikasi akar penyebab munculnya produk cacat. Pada tahap improve akan diberikan usulan perbaikan untuk mengurangi jumlah produk cacat. Beberapa tools dalam seven tools akan digunakan dalam penelitian. Seven tools terdiri atas histogram, pareto diagram, run chart, scatter diagram, control chart, check sheet, cause and effect diagram.

Berdasarkan data jumlah produk cacat pada bulan Januari hingga Desember 2012, produk metal box memiliki persentase rata-rata jumlah produk cacat signifikan dari batas maksimal toleransi sehingga dijadikan fokus penelitian. Faktor kritis kualitas pada produk metal box yaitu kesesuaian metal box secara fisik. Penyebab produk cacat diidentifikasi menggunakan diagram tulang ikan dan dapat disebabkan oleh faktor tenaga kerja, mesin, material, metode dan lingkungan. Six Sigma, perbaikan kualitas, mengurangi defect, diagram tulang ikan.

Subjek

Quality control-management
 

Katalog

USULAN PERBAIKAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI DEFECT PADA METAQL BOX DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT INDUSTIRA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ABDULLAH AL'ALIYI S.
Perorangan
SRI WIDANINGRUM, IR., MT.; Amelia Kurniawati, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini