PT Telekomindo Primakarya merupakan salah satu perusahaan swasta nasional yang
bergerak dalam jasa pembangunan konstruksi telekomunikasi di Indonesia. PT
Telekomindo Primakarya telah berdiri sejak tahun 1996 dengan kegiatan usaha yang
mencakup pembangunan gedung sentral telekomunikasi, jaringan telekomunikasi kabel
optik maupun tembaga dan pembangunan BTS (Base Tranceiver Station).
Berdasarkan hasil survei kepuasan karyawan terhadap pola karir yang berlaku di PT
Telekomindo Primakarya dengan menggunakan metode ESI (Employee Satisfaction
Index), diketahui bahwa variabel “Kesesuaian penempatan karyawan pada suatu jabatan
dengan job requirement (persyaratan jabatan) dan kompetensi yang dimilikinya”,
memiliki nilai ESI terendah yaitu 64,063% dan juga memiliki nilai gap antara tingkat
kepuasan dan tingkat kepentingan terbesar yaitu 0,813. Hasil survei tersebut sesuai
dengan permasalahan yang ada di PT Telekomindo Primakarya yaitu tidak jelasnya
persyaratan kompetensi yang harus dimiliki tiap jabatan, ketidaksesuaian dalam
penempatan karyawan, kecilnya peluang karyawan untuk mendapat promosi jabatan,
yang berakibat pada timbulnya ketidakpuasan karyawan. Oleh karena itu, dalam usaha
untuk meningkatkan kepuasan karyawan, dirancang suatu pola karir berbasis kompetensi
yang dapat menjawab permasalahan di PT Telekomindo Primakarya.
Perancangan pola karir berbasis kompetensi diawali dengan melakukan diskusi dengan
Manajer Dukungan Manajemen untuk menentukan kompetensi inti perusahaan
berdasarkan visi, misi, nilai-nilai dan strategi perusahaan yang disesuaikan dengan model
kompetensi Spencer & Spencer (1993). Langkah berikutnya ialah menentukan
kompetensi bidang yang terdiri dari dua jenis kompetensi, yaitu Technical Competency
dan Behavioural Competency. Kompetensi bidang ditentukan untuk setiap jabatan di PT
Telekomindo Primakarya dengan menggunakan kuisioner kebutuhan kompetensi. Setelah
itu, dilakukan penentuan tingkat minimum kompetensi inti berdasarkan hasil kuesioner
yang pengisiannya memperhatikan job description dan job specification setiap jabatan.
Langkah terakhir yaitu merancang pola karir berbasis kompetensi di PT Telekomindo
Primakarya dengan memperhatikan tingkat minimum kompetensi inti dan kompetensi
bidang setiap jabatan serta aturan pergerakan karir yang berlaku di perusahaan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa kompetensi inti untuk
seluruh jabatan di PT Telekomindo Primakarya terdiri dari 10 kompetensi, yaitu
Achievement Orientation (ACH), Concern for Order, Quality and Accuracy (CO),
Information Seeking (INF), Customer Service Orientation (CSO), Relationship Building
(RB), Teamwork and Cooperation (TW), Organizational Commitment (OC),
Technical/Professional/Managerial Expertise (EXP), Flexibility (FLX), dan Self
Confident (SCF). Sedangkan, kompetensi bidang untuk setiap jabatan berbeda-beda
sesuai dengan job description dan job specification. Selain itu, pola karir berbasis
kompetensi dirancang berdasarkan nilai total tingkat minimum kompetensi inti dan aturan
pergerakan karir. Pola Karir, Kompetensi