Internet merupakan salah satu kebutuhan manusia modern yang sangat cepat perkembangannya. E-commerce atau yang disebut dengan bisnis online merupakan salah satu bentuk aplikasi berbasis web yang mengintegrasikan antara teknologi internet dengan sektor pemasaran dan penjualan. Sehingga memungkinkan kegiatan bisnis dilakukan hanya dengan melalui sebuah perangkat komputer yang terkoneksi internet.
Sebelum memulai perancangan sistem e-commerce, terlebih dahulu dilakukan studi lapangan. Kemudian setelah itu dilakukan identifikasi kebutuhan sistem yang nantinya digunakan sebagai dasar perancangan dan identifikasi user yang akan menggunakan sistem tersebut. Setelah proses perancangan dilakukan, maka selanjutnya dilakukan pengujian yang di dalam proses tersebut meliputi pengujian fungsionalitas, error handling, kelengkapan informasi, dan kenyamanan desain aplikasi.
Dalam tugas akhir ini dilakukan analisis-analisis untuk mengetahui pengaruh sebuah aplikasi web e-commerce dalam menyampaikan informasi mengenai perusahaan, produk, sistem transaksi, dan kesepakatan dagang yang diterapkan oleh suatu perusahaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan melalui tahap implementasi diperoleh kesimpulan bahwa e-commerce dapat membantu perusahaan UKM dalam melaksanakan proses transaksi dan pemasarannya.
Oleh karena itu, dengan adanya perancangan aplikasi e-commerce ini diharapkan dapat memperluas jaringan pemasaran perusahaan, meningkatkan penjualan, memperpanjang waktu operasi bisnis, dan memperkenalkan teknologi informasi kepada UKM sebagai salah satu solusi dalam menghadapi tantangan pasar global.
internet, e-commerce, transaksi bisnis, pasar global