Saat ini, teknologi Internet berkembang dengan pesat dan memiliki pengaruh yang besar di dunia bisnis. Peran Internet khususnya website, menjadi media penyebaran informasi yang cepat dan luas dalam dunia promosi produk atau jasa suatu perusahaan. Salah satu perusahaan yang menerapkan website tersebut adalah Biobses. Biobses merupakan distributor buku komputer yang memiliki web ecommerce untuk penjualan buku online yang beralamat pada www.katalogbiobses.com. Saat ini, katalogbiobses.com memiliki jumlah pengunjung (visitor) yang menurun dikarenakan fungsi promosi berbasis e- Marketing belum diterapkan secara optimal oleh perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memantau jumlah pengunjung pada web katalogbiobses.com menggunakan metode Search Engine Optimization. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah jumlah pengunjung web katalogbiobses.com. Pencapaian tujuan dimulai dengan menerapkan metode dan implementasi Search Engine Optimization. Kemudian menentukan metric visitor sebagai parameter pengukuran kesuksesan metode yang diterapkan. Setelah itu dilakukan pembuatan aplikasi berbasis teknologi web untuk memantau jumlah pengunjung secara realtime.Metode Search Engine Optimization yang diterapkan pada penelitian ini digunakan untuk memantau jumlah pengunjung yang diukur dalam periode 4 Juni 2011 – 27 Juni 2011 dan 28 Juni 2011 - 21 Juli 2011. Sistem yang dibangun mampu melakukan pemantauan pengunjung secara realtime dan terintegrasi pada web e-commerce katalogbiobses.com e-Marketing, e-Commerce, Search Engine Optimization, metric