Pengaruh Customer Satisfaction, Trust in Brand, dan Social Capital Terhadap Customer Switchback Pada Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel

Normandia Yulianita

Informasi Dasar

97 kali
112070196
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peluang dalam bisnis telekomunikasi di Indonesia masih terbuka lebar. Hal ini memicu persaingan ketat antar penyedia jasa seluler dalam mendapatkan pelanggan. Berbagai macam promosi yang dikeluarkan oleh setiap operator membuat pelanggan seluler berpindah dari satu produk ke produk yang lain (customer switching) dengan bebas sehingga mengakibatkan tingginya tingkat perpindahan pelanggan (churn rate). Telkomsel sebagai salah satu operator yang menjadi market leader di sektor telepon seluler pun tidak lepas dari masalah tersebut. Oleh karena itu perlu adanya upaya untuk dapat menarik kembali pelanggan yang telah berpindah (customer switchback) dengan cara mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi pelanggan berpindah kembali menggunakan layanan Telkomsel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan customer satisfaction, trust in brand, dan social capital terhadap customer switchback. Selain itu juga dilakukan penyusunan rekomendasi bagi Telkomsel agar dapat meraih pelanggannya kembali.Penelitian dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa di bawah naungan YPT Telkom (IT Telkom, IM Telkom, dan Poltek Telkom). Pemilihan responden menggunakan metode sampling acak stratifikasi proporsional. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif meliputi uji validitas, reliabilitas, crosstabulation, dan uji statistik chi-square. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji statistik chi-square dapat diketahui bahwa customer satisfaction, trust in brand, dan social capital berhubungan signifikan terhadap customer switchback. Oleh karena itu, untuk meningkatkan customer switchback dapat dilakukan dengan cara meningkatkan customer satisfaction, trust in brand, dan social capital. customer switchback, customer satisfaction, trust in brand, social capital, mahasiswa YPT Telkom, Telkomsel.

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Pengaruh Customer Satisfaction, Trust in Brand, dan Social Capital Terhadap Customer Switchback Pada Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Normandia Yulianita
Perorangan
Husni Amani, Ir., MM., MSc.; Dr. Elly Rasmikayati, MSc.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini