Usulan Peningkatan Kualitas Layanan Perbaikan Handset Blackberry dengan Menggunakan Metode Lean-Sigma pada PT Indosat JBRO Tbk

Andika Zulkarnain

Informasi Dasar

81 kali
112070214
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada service center yang dimiliki Indosat terdapat tiga jenis layanan utama yaitu pelayanan perbaikan kerusakan minor, pelayanan perbaikan kerusakan mayor dan perbaikan non garansi. Perbaikan kerusakan mayor mendapat keluhan dari pelanggan dikarenakan perbaikannya yang terlalu lama akibat adanya aktivitasaktivitas yang memiliki delay besar.

Lean sigma adalah metode gabungan antara lean yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi proses dan six sigma untuk meningkatkan kinerja perusahaan menuju level 6 sigma. Level sigma pada service center Blackberry saat ini bisa dikatakan sangatlah rendah dengan pencapaian hanya sekitar 0-2 sigma saja. Lean akan mengurangi aktivitas-aktivitas yang tidak memiliki value added dan meminimalisasi aktivitas yang tergolong BVA sehingga kecepatan dan efisiensi proses bisa ditingkatkan. Six sigma akan mengurangi varians dari efisiensi proses dan meningkatkan kinerja proses dengan memperbaiki kesalahan yang dilakukan sebelumnya.

Permasalahan yang ditemukan adalah adanya perbaikan kerusakan mayor yang melebihi waktu standar, proses pembayaran yang terlalu berbelit-belit, proses pengiriman ke RIM yang terlalu lama, tidak adanya majalah di ruang tunggu, kurang baiknya kualitas TV di ruang tunggu dan lain-lain. Semua hal tersebut sangat mengganggu bagi pelanggan service center dan perlu diperbaiki dengan segera.

Beberapa solusi telah diajukan untuk perbaikan ke depannya seperti pengintegrasian proses, pelatihan bagi para pegawai, perluasan lingkup perbaikan dan penambahan fasilitas layanan di ruang tunggu demi meningkatkan kepuasan pelanggan. lean sigma, efisiensi proses, kinerja perusahaan

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Peningkatan Kualitas Layanan Perbaikan Handset Blackberry dengan Menggunakan Metode Lean-Sigma pada PT Indosat JBRO Tbk
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andika Zulkarnain
Perorangan
Sri Widaningrum, Ir., MT.; Amelia Kurniawati, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini