PT. Palasari Tirta Sindanglaya adalah sebuah Perusahaan yang bergerak dalam
bidang air minum dalam kemasan (AMDK). Sudah empat tahun perusahaan ini
berkecimpung dalam industri air minum. Masalah utama yang ada pada
perusahaan ini adalah tingginya nilai produk cacat yang ada pada perusahaan.
Nilai cacat yang tinggi ini sudah ada sejak perusahaan baru berdiri, di awal
berdirinya perusahaan nilai cacat produk berada di kisaran 9% sedangkan
perusahaan menetapkan target hanya 1% saja produk cacat yang boleh dihasilkan
oleh perusahaan.
Untuk mengendalikan kulitas produk yang dihasilkan PT. Palasari Tirta
Sindanglaya, maka dilakukan penelitian terhadap pengendalian kualitas dengan
menggunkan metode Six Sigma, dimana metode ini fokus terhadap perbaikan nilai
cacat untuk mencapai kesempurnaan (3.4 DPMO) dan stabilitas proses pada suatu
perusahaan. Tahapan yang dilakukan dalam implementasis six sigma sampai pada
tahap improve. Dimulai dari tahapan define yaitu menetukan objek six sigma dan
mengidentifikasi CTQ. Lalu dilakukan pengukuran stabilitas dan kapabilitas
proses pada tahap measure. Setelah itu dilakukan analisis terhadap akar penyebab
masalah pada tahapan analyze dan di tahap terakhir yaitu improve dilakukan
usulan perbaikan terhadap akar penyebab masalah tersebut.
Dari hasil penelitian didapatkan CTQ kunci yaitu, kesesuaian kemasan,
kekedapan kemasan, dan kesesuaian air. Sementara itu stabilitas proses dari
perusahaan masih belum stabil karena masih banyak proses yang Out of Control.
Selain itu kapabilitas prosesnya pun masih dikisaran 3.739? dan memiliki nilai
DPMO 12854 nilai tersebut masih jauh dari nilai 6?. Setelah dilakukan analisis
terhadap akar penyebab masalah, didapatkan beberapa akar penyebab masalah,
yaitu kesalahan pelemparan, bidang miring yang keras, kurang teliti, tergesa-gesa,
kurang cermat, dan kurang pemeriksaan. Berdasarkan akar penyebab masalah
tersebut maka usulan yang dapat diberikan adalah merancang bidang miring,
menambah frekuensi pemeriksaan, penerapan reward and punishment. Six Sigma, CTQ (Critical to quality)