Usulan Peningkatan Kualitas dengan Meminimasi Jumlah Produk Cacat pada Cetakan Isi Buku di CV. Lubuk Agung dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving)

Rizki Harman Muslim

Informasi Dasar

212 kali
112070252
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

CV. Lubuk Agung merupakan salah satu perusahaan yang turut mewarnai perbukuan di Indonesia, baik dalam hal penerbitan maupun percetakan buku. Hingga saat ini perusahaan masih dihadapkan pada permasalahan kualitas, yaitu adanya jumlah cetakan cacat pada proses pencetakan masal yang teridentifikasi melebihi batas toleransi cacat yang ditetapkan oleh perusahaan sebesar 5% dari total cetakan yang diproduksi sebanyak 3500 eksemplar untuk tiap judul buku yang dipasarkan dan permasalahan tersebut terjadi pada Workstation Pencetakan Isi Buku. Selama ini perusahaan telah melakukan upaya-upaya perbaikan terhadap permasalahan kualitas tersebut, namun upaya-upaya yang dilakukan masih belum dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan jumlah cacat yang dihasilkan.
Untuk mengatasi permasalahan cacat tersebut, maka digunakan metode Six Sigma didalam penelitian yang bertujuan untuk dapat meminimasi jumlah cacat yang dihasilkan didalam proses pencetakan masal, sehingga tidak lagi melebihi batas toleransi cacat yang ditetapkan. Penelitian dilakukan dengan empat tahap, yaitu Define, Measure, Analyze, dan Improve. Pada tahap Define dilakukan pengamatan dan pemetaan proses produksi melalui Diagram SIPOC serta melakukan identifikasi terhadap Critical to Quality (CTQ) dan CTQ Potensial. Pada tahap Measure dilakukan pengumpulan data CTQ Potensial (defects) serta pengukuran kapabilitas proses (DPMO dan level sigma) dan stabilitas proses pada kondisi eksisting perusahaan. Pada tahap Analyze dilakukan analisis terhadap penyebab cacat dengan penggunaan fishbone chart. Selain itu dengan penggunaan FMEA yang bertujuan untuk dapat mengidentifikasikan penyebab cacat yang dianggap dominan terhadap permasalahan jumlah cacat yang melebihi batas toleransi pada proses pencetakan masal. Pada tahap Improve dilakukan pengajuan bentuk usulan perbaikan yang difokuskan pada penyebab cacat dominan dan dilakukan dengan penerapan metode TRIZ sebagai acuan didalam upaya pengajuan usulan perbaikan secara efektif kepada perusahaan.
Cetakan Cacat, Critical to Quality, Six Sigma, Penyebab Cacat Dominan, TRIZ

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

Usulan Peningkatan Kualitas dengan Meminimasi Jumlah Produk Cacat pada Cetakan Isi Buku di CV. Lubuk Agung dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizki Harman Muslim
Perorangan
Pratya Poeri Suryadhini, ST., MT; Muhammad Iqbal, ST., MM
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2014

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini