STRATEGI PENINGKATAN CUSTOMER SWITCHBACK BERDASARKAN CUSTOMER VALUE DAN RELATIONAL COMMITMENT PELANGGAN PRABAYAR TELKOMSEL

Rizal Husein

Informasi Dasar

76 kali
112071031
658.501
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan telekomunikasi seluler di Indonesia semakin berkembang. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penyedia jasa telekomunikasi yang bermunculan. Semakin majunya telekomunikasi seluler dan juga banyaknya penyedia jasa telekomunikasi seluler di Indonesia memancing minat para pelanggan untuk menggunakan jasa layanan telekomunikasi seluler. Hal ini menimbulkan persaingan ketat antar penyedia jasa dalam mendapatkan pelanggan. Berbagai macam strategi telah dilakukan penyedia jasa untuk mendapatkan pelanggan, sehingga membuat pelanggan dengan mudahnya berpindah-pindah dalam menggunakan jasa layanan operator (customer switching), akibatnya adalah meningkatnya persentase pelanggan yang berpindah (churn rate).
Telkomsel yang merupakan market leader di sektor telepon seluler pun tidak lepas dari customer switching. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk menarik kembali pelanggan yang telah berpindah (customer switchback). Penelitian ini dilakukan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi perpindahan kembali pelanggan ke layanan Telkomsel, yaitu berdasarkan variabel functional value, dan emotional value yang merupakan dimensi dari customer value, kemudian subjective norm, satisfaction, trust, relationship investment, interest in alternative product, normative commitment, affective commitment, dan continuance commitment yang merupakan dimensi dari relational commitment. Variabel tersebut diuji hubungannya terhadap customer switchback. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan metode chi square didapatkan bahwa hanya variabel subjective norm dan trust variabel yang tidak memiliki hubungan dengan customer switchback, sehingga penyusunan rekomendasi untuk meningkatkan customer switchback mengacu pada functional value, emotional value, satisfaction, relationship investment, interest in alternative product, normative commitment, affective commitment, dan continuance commitment. switchback, winback, switching, customer value, relational commitment

Subjek

RESEARCH
 

Katalog

STRATEGI PENINGKATAN CUSTOMER SWITCHBACK BERDASARKAN CUSTOMER VALUE DAN RELATIONAL COMMITMENT PELANGGAN PRABAYAR TELKOMSEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizal Husein
Perorangan
Ir. Husni Amani, MM., MSc; Dr. Elly Rasmikayati, MSc
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini